Pemanfaatan aplikasi online dalam digitalisasi pasar tradisional di kota medan,provinsi sumatera utara
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v2i2.658Keywords:
Pasar tradisional, Digitalisasi, E-commerce, Fitur belanja, Pandemi, AplikasiAbstract
Kata Kunci :
Pasar tradisional
Digitalisasi
e-commerce
fitur belanja
pandemi
aplikasi
Sejak merebaknya pandemi Covid-19, semua negara menghadapi situasi sulit di segala aspek kehidupan. Terutama dari segi ekonomi. Banyak sekali karyawan yang kehilangan pekerjaan karena kebijakan perusahaan untuk efisiensi jumlah karyawan. Khususnya di bidang ekonomi, dampak pandemi sangat beragam, mulai dari permintaan konsumen yang tinggi hingga penutupan skala besar bisnis skala menengah dan kecil di seluruh dunia. Sehingga untuk membantu para pedagang pasar tradisional dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19, peran pemerintah dan akademisi sangat diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan para pedagang pasar tradisional dalam memanfaatkan digital marketing sebagai tindak lanjut dalam mengatasi dampak yang dirasakan oleh para pedagang sejak pandemi COVID-19 . Sehingga pada akhirnya pasar tradisional akan mulai menjajaki pasar untuk memasarkan, mempromosikan dan menjual produknya. Penjualan akan dilakukan secara offline yaitu di pasar tradisional dan online dengan memanfaatkan teknologi berbasis web. Aplikasi online yang akan penulis rancang dalam penelitian ini menggunakan konsep pasar tradisional yang didigitalisasi menggunakan e-commerce. Menggunakan metode kombinasi partisipatif dan waterfall.
References
Xiaohui, G., Rong, G., & JianYu, W. Chongning, Huo. (2014). Key Technology of Distributed E-Commerce System Architecture. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering. Vol.12
Kosasi, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF) 2014. ISBN: 978-602-1180-04-4. Edisi 1. Volume 1. Universitas Muria Kudus. 23 Agustus 2014. Page. 225-232
Harahap, D. A. (2020, April 14). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Menangani Pandemi Covid-19 dan Tren Pembelian Online. Opini Radar Bandung, p. 9.
Laming, S. (2020). Tren E-Commerce Pada Era pandemic Covid-19. Humano: Jurnal Penelitian, 11 (2), 55-63
Wulandari, Oryz Agnu Dian, Ujiani, & Nita Riskiana Putri. 2020. “Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan bagi Penjualan Produk UMKM di Purbalingga”. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol 6 no 2, November 2020.
https://superapps.kompas.com/read/617708/5-pasar-tradisional-di-medan-mulai-digitalisasi
Peraturan Menteri Perdagangan RI NOmor 52/M-DAG/PER/12/2008 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern
Lee, In. (2014). Trend in E-Business, EServices, E-Commerce: Impact of Technology on Goods, Services, and Business Transactions. IGI Global.
Li, H., & Hong, J. (2013). Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness. 5(4). Page.161- 166.
Redcom. 2020. “Tren Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UKM di Masa Pandemi”. https://redcomm.co.id/knowledges/tren-digital-marketing-yang-bisaditerapkan-ukm-di-masa-pandemi . Diakses tanggal 7 Juni 2021.
Sirclo. 2020. “Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat”. https://www.sirclo.com/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020- meningkat-pesat/ . Diakses tanggal 5 Juni 2021.
AntaraNews.2021.“Kemenkop Pastikan UMKM Kuliner Mampu Bertahan di Tengah Pandemi.” https://www.antaranews.com/berita/2179410/kemenkop-pastikanumkm-kuliner-mampu-bertahan-di-tengah-pandemi. Diakses 10 Juni 2021.
Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM DalamUpaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2).
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/7097/6241
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.