Pengaruh Penggunaan Situs Jual Beli Online Terhadap Minat Masyarakat

Authors

  • Nikmah Amalia Harahap universitas Islam negeri sumatera utara
  • Malika Callista Lubis universitas Islam negeri sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v2i1.623

Keywords:

jual beli online, minat penggunaannya, berbelanja APA style in citing this article: F. Fulan and F. Fulana, ATASI : Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi

Abstract

Penyebab dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak kenyamanan dan keindahan dari situs jual beli online atas hobi dan penggunaan situs web ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui pengumpulan informasi dari wawancara dengan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Informasi primer berupa wawancara yang menanyakan pertanyaan langsung kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan informasi sekunder berupa resensi majalah dan literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa manfaat penggunaan belanja online untuk mempromosikan situs web memiliki pengaruh besar pada hobi pelanggan serta kualitas yang bagus untuk belanja dari situs web tersebut

 

References

Supramono, G. (2009). Perbankan dan Masalah Kredit. Jakarta: Rineka Cipta.

Achiron, M. (2005). Kewarganegaraan dan Tak berkewarganegaraan, Buku Panduan untuk Anggota Parlemen. Switzerland: UNHCR & Presses Centrales de Lavsanne.

Al Arif, N. R., & Amalia, E. (2010). Teori Mikro Ekonomi : Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana.

Amalia, E., & Heryadi, E. (2010). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Dari Masa Klasik Hingga Kontenporer. Depok: Gramata Publishing.

Azmi, M., Shihab, M. S., Rustiana, D., Indra, & Lazirkha, D. P. (2022, Mei 17). The Effect Of Advertising, Sales Promotion, And Brand Image On Repurchasing Intention (Study On Shopee Users). IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation, 76-85.

Campell, C. (1997). Shopping, pleasure and the Sex War.In The Shopping Experience. London: Pasi Falk and Colin campbell.

Chamid, N. (2010). Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coley, A. L. (2002). Affective and Cognitive Processes Involved in Impulse Buying. The University of Georgia: Athens georgia.

Dihni, V. A. (2022, Juni 03). Retrieved Mei 15, 2023, from Riset: Milenial Paling Gemar Belanja Online Saat Pandemi: https://databoks.katadata.co.id

dkk, B. S. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan. Tisara Grafika dan FKIP UKSW - Salatiga.

Drs. Abdul Latief, S. M. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesi.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, 63-75.

Gultom, d. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. (Salatiga: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewarganegaraan dan Demokrasi Jurusan PPKn-FKIPUKS,.

Hana, K. F. (2019). Minat Beli Online Generasi Milenium:Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan. Bisnis dan Manajemen Islam, 203-2016.

Handoyo, H. C. (2013). Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta Barat: yogyakarta Universitas Atma Jaya.

Hariadi, R. D., & Sulistiono. (2020). Pengaruh Kualitas Situs Website,Kepercayaan Konsumen,Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX. Jurnal Informasi Kesatuan, 1-12.

Hidayat, E. (Palangka Raya). Fiqih Jual Beli. 2015: Remaja Rosdakarya.

Juju, D., & Maya, M. (2010). Cara Mudah Buka Toko Online:dengan Wordpress+WP E-Commerce/Domonikus Juju. Yogyakarta: Andi Offset.

Karim, A. A. (2008). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karsani. (2016). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2018). Metologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawir, A. (n.d.). Retrieved Mei 17, 2023, from Selamat Tinggal Inflasi: http://ekonomi.kompasiana.com

Nasution, S. (2006). Metode Research : (Penelitian Ilmiah). Bandung: Bumi Aksara.

Nurkancana, W. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

ottawa. (2018). kemlu.go.id. Retrieved from https://kemlu.go.id/ottawa/id/pages/kehilangan_kewarganegaraan_indonesia/647/about-service

Purnomo, W. (2000). Konsumen dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

Putrie, N. K. (2016). Perbedaan Motivasi Membeli Produk Fashion secara Online pada Laki-Laki dan Perempuan di Universitas Kristen Satya Wacana.Skiripsi. Universitas Kristen Satya Wacana: Salatiga.

Raharjo, B. (2002). Memahami Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahma, & Syafitri. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Minat Beli Masyarakat Secara Online. International Journal of Government and Sosial Science, 29-41.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online di Kalangan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, 205-216.

Sarwono, J., & Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online:Cara Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shen, Y., Li, S., & Demoss, M. (2012). The Effect of Quantitative Eleectronic Word of Mouth on Consumer Perceived Product Quality. Management and marketing Research, 19-29.

Sheu, P.-L., & Chang, S.-C. (2022). Relationship of service quality dimensions, customer satisfaction and loyalty in e-commerce: a case study of the Shopee App. Economic, 1-11.

Sudarsono, H. (2002). Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Yogyakarta: Ekonisia.

Sugeng, A. (2012). Analisis Prinsip Elonomi Islam Terhadap Operasional Produk Investasi Emas Pada Perbankan Syariah X. Jurnal Ekonomi Islam, 161-177.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif : Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian bersifat eksploratif, enterpretif,interaktif dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2004). Aspek Hukum dalam Ekonomi Global. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryodiningrat, R. (1978). perikatan-Perikatan Bersumber Perjanjian. Bandung: Tarsito.

Syarbaini, S. (2012). Pendidikan Pancasila, Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ulya, F. N. (2021, Oktober 22). Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibanding Offline. Retrieved Mei 15, 2023, from https://kmp.im/plus6

Usmani. (2006). Al-Qur'an dan Terjemahan. Surabaya: Duta Ilmu.

W. Finaka, A. (2020). indonesiabaik.id. Retrieved from https://indonesiabaik.id/infografis/syarat-dan-tata-cara-memperoleh-kewarganegaraan-ri

Wahidin. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang: In Media.

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui internet . Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan , 109-112.

Wijaya, R. A., & Sutapa, N. (2014). Faktor-Faktor Penentu Dalam Berbelanja Online. Jurnal Titra, 23-28.

Winarno. (2009). Kewarganegaraan Indonesia Dari Sosiologi Menuju Yuridis. Bandung: Alfa Beta.

Winarno, D. (2006). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.

Witro, D., Nurjaman, M. I., Ayu, D., & Al-Rasyid , C. S. (2021). Kontestasi Marketplece di Indonesia pada Era Pandemi: Analisis Strategi Promosi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah, 34-42.

Zaid, H. (2021, April 5). Retrieved Mei 15, 2023, from Polarisasi E-commerce Berdasarkan Gender di Indonesia: https://kumparan.com/

Downloads

Published

26-06-2023

How to Cite

Harahap, N. A., & Lubis, M. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Situs Jual Beli Online Terhadap Minat Masyarakat. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(1), 43–47. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i1.623