Pemberdayaan Kader Pendukung ASI Ekslusif dan Pengenalan Kartu Kontrol Kawal ASI di Wilayah Puskesmas Sulamadaha

Authors

  • Fadila Abdullah Poltekkes Kemenkes Ternate

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdikesmasmulawarman.v3i1.336

Keywords:

Asi Ekslusif, Kader, Kartu Kontrol Kawal ASI

Abstract

ASI Seperti halnya nutrisi pada umumnya, ASI mengandung komponen makro dan mikro  nutrien. Makronutrien  adalah  karbohidrat,  protein  dan  lemak  sedangkan mikronutrien adalah vitamin danmineral. Setiap komponen ASI memiliki manfaatnya tersendiri untuk pertumbuhan bayi. Sekitar 88% dari ASI adalah air. Air ini berguna untuk melarutkan zat yang ada di dalamnya. ASI merupakan sumber air yang secara metabolik adalah aman, Air yang relatif tinggi dalam ASI ini akan meredakan rangsangan rangsangan haus dari bayi. ASI  Eksklusif  untuk  bayi  yang  diberikan  ibu ternyata  mempunyai  peranan penting,  yakni  meningkatkan  ketahanan  tubuh  bayi

Tujuan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah Kegiatan ini   diharapkan   dapat   memberdayakan  kader dan ibu hamil  tentang  pentingnya  pemberian ASI eksklusif kepada bayi sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Manfaat Pelatihan ini mendapatkan gambaran secara nyata kebutuhan akan informasi kepada masyarakat akan pentingnya ASI Eksklusif, dapat membentuk kelas kader sebagai upaya peningkatan keberhasilan pelaksanaan ASI Eksklusif di Masyarakat, memperoleh tambahan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya ASI Eksklusif untuk tumbuh kembang anak dan mendapatkan keterampilan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat secara umum terkait ASI Eksklusif.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Hari Jumat dan Sabtu, tanggal 03 dan 04 Juni 2022 yang dimulai pukul di Puskesmas Sulamadaha Kota Ternate, kegiatan berjalan dengan baik. Acara dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00. Pengabdian ini dihadiri oleh Ibu lurah Sulamadaha dan Jajarannya, para kader Puskesmas Sulamadaha Kota Ternate, Mahasiswa D.3 keperawatan serta unsur masyarakat. Sasaran kegiatan ini yaitu para Kader dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik sampai akhir acara, hal ini dibuktikan dengan banyak kader yang bertanya tentang materi yang disampaikan oleh pemateri. Pengabdian berlangsung dengan baik dan lancar berkat kerja sama seluruh tim pengabdi, pihak Puskesmas Sulamadaha Kota Ternate. Pemberdayaan kader dalam mendukung keberhasilan pemberian ASI eksklusif memberikan dampak positif bagi kesehatan Ibu dan Anak seperti menurunnya angka kematian bayi, balita dan kematian ibu.

Downloads

Published

30-05-2023