Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Melalui Cicil Emas (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jesm.v4i2.3488Keywords:
Literasi Keuangan Syariah, Minat Berinvestasi, Cicil Emas, Investasi SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat berinvestasi mahasiswa melalui skema cicil emas. Investasi syariah saat ini menjadi salah satu alternatif yang menarik, terutama bagi generasi muda yang mulai sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan sesuai prinsip syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 83 responden, yang merupakan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman yang telah atau sedang menempuh mata kuliah Lembaga Keuangan Syariah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi logistik untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat investasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa dalam skema cicil emas. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konsep keuangan syariah, maka semakin besar pula minat mereka untuk berinvestasi secara syariah, khususnya melalui skema cicil emas..
References
Agustin, L. D., Yudiantoro, D., & Hidayati, A. N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Presepsi Imbal Hasil, dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 535–542. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5328
Hafidz Zulfikar, J. (2021). Investasi Emas dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 05(No. 2), h. 100.
Hutagaol, Y. R. T., Sinurat, R. P. P., & Shalahuddin, S. M. (2022). Strategi Penguatan Keuangan Negara Dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023 Melalui Green Economy. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 378–385. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1911
Kotler, P., Armstrong, & Garry. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Muin, A., & Agniah, M. (2022). Sistem Dan Prosedur Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jatibarang. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 1(2), 113–118. https://doi.org/10.31943/jsef.v1i2.20
Ojk. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Otoritas Jasa Keuangan, November, 10–12.
Pakpahan, N. H., Nasution, A. W., & Siregar, R. K. (2023). LIFESTYLE NASABAH INVESTASI CICIL EMAS BANK SYARIAH. 1126–1133.
Sari, M., Bahrudin, M., Nurmalia, G., & Nurwulan, M. (2021). Pengembangan Wisata Halal Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah. SALAM: Islamic Economics Journal, 2(1), 83–106.
Setiawan, F., & Aini, L. N. (2023). Literasi Keuangan Syariah dan Preferensi Warga Pinggiran Kota terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Brilliant: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1), 31– 53.
Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wanda Astuti, Abdul Gafur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.