Analisis Perilaku Pengusaha Sayuryuk.com dalam Perspektif Al-Ghazali

Authors

  • Ika Lavivia Universitas Mulawarman
  • Andi Martina Kamaruddin Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v3i3.2818

Keywords:

Perilaku pengusaha, E-Commerce, Al-Ghazali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengusaha dalam perspektif Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode analisis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk kemudian dianalisis menggunakan metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku Dalam menjalankan usahanya, Sayuryuk.com telah menerapkan prinsip-prinsip Al-Ghazali dalam perilaku pengusaha. Indikator yang pertama ialah keseimbangan dunia dan akhirat seperti saat memenuhi kebutuhan dunia tidak melupakan kepentingan akhirat, indikator yang kedua ialah kemaslahatan, yang ketiga nilai-nilai kebajikan, keempat jauh dari riba seperti pengusaha Sayuryuk.com yang menggunakan model usahanya dengan dana pribadi yang saat kini mampu membuat Sayuryuk.com masih berjalan, indikator kelima ialah menjauhi segala perbuatan yang syubhat, dan indikator yang terakhir introspeksi dalam jual beli pada pelaku usaha Sayuryuk.com

Downloads

Published

2024-09-30