Tinjauan Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda

Authors

  • Sitti Mariyah Nengsih Universitas Mulawarman
  • Zainal Ilmi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v2i4.2791

Keywords:

Pedagang, Penerapan, dan Etika Bisnis Islam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman para pedagang Pasar Kedondong Samarinda mengenai etika bisnis Islam dan untuk mengetahui apakah para pedagang telah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pendekatan penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dangan tujuh prinsip etika bisnis Islam sebagai indikator penelitian dan objek penelitian adalah para pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda, batasan penelitian hanya dilakukan pada tiga jenis pedagang yang merupakan maoyoritas di Pasar Kedondong yaitu pedagang sembako, ikan dan sayur. Fokus penelitian ini adalah pada pemahaman dan cara pedagang dalam menerapkan tujuh prinip etika binis Islami. Berdasarkan hasil penelitian para pedagang umumnya telah mengetahui etika bisnis islami dan telah menerapkan dalam kegiatan jual-belinya secara umum dilihat pada kejujuran menimbang, menjaga kualitas barang dan juga menjalin hubungan baik pada sesama, walaupun belum sempurna secara keseluruhan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa oknum yang melanggar etika seperti obral sumpah, serta tidak ramah pada pembeli dan sesama pedagang.

Downloads

Published

2023-12-30