Implementasi Etika Bisnis Islam dan Etika Lingkungan Dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang Ikan di Pasar Segiri Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jesm.v2i2.2775Keywords:
Etika Bisnis Islam, Etika lingkungan, Jual beli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam dan etika lingkungan di pasar segiri Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dari keenam indikator dengan prinsip tauhid pedagang selalu baik dalam melayani konsumen, prinsip keseimbangan pedagang selalu mengecek akurasi timbangan, prinsip kehendak bebas pedagang tidak pernah iri kepada pedagang lain dan bersaing secara sehat, prinsip tanggung jawab pedagang selalu menjual barang yang layak dan berkualitas, prinsip kebenaran dan kejujuran pedagang sudah cukup baik dalam menawarkan barang, dan etika lingkungan belum maksimal di terapkan oleh pedagang, dari pengelola juga menyarankan pedagang untuk mengurangi kantong plastik dengan menggunakan tas belanja atau membawa keranjang sayur agar ramah lingkungan.