Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

Authors

  • Widya Astuti Prasetya Universitas Mulawarman
  • Miftahul Huda Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v2i1.2759

Keywords:

Perilaku Konsumsi, Konsumsi Islami, dan Mahasiswa Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa muslim FEB memilih, membeli, serta menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi dengan jenis triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumsi mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman memilih dan membeli barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan serta keinginannya yaitu selalu mempertimbangkan untuk mendahulukan kebutuhan primer, memperhatikan kehalalan dan kebersihan produk, membeli pakaian menjadi rutinitas belanja setiap bulan, membeli produk perawatan kulit termasuk prioritas kebutuhan, selalu menyesuaikan kemampuan dalam memenuhi konsumsinya, melakukan pembelian suatu produk karena rasa penasaran, dan melakukan pembelian sesuai dengan rencana.

Downloads

Published

2023-03-30