Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Ijabah Kota Samarinda dalam Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.30872/jesm.v1i2.2740Keywords:
Etika Bisnis Islam, Pedagang Muslim, Pasar IjabahAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di pasar Ijabah yang teretak di Jl. P. Antasari Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda dengan tujuan untuk mengetahui etika bisnis pedagang Muslim di pasar Ijabah Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi, wawancara bebas dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pedagang Muslim di pasar Ijabah kota Samarinda yang dijadikan informan telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam diantaranya; memberikan pelayanan yang baik, jujur dan sabar, tanggung jawab, dan menetapkan harga dengan wajar. Pedagang juga selalu mentaati peraturan-peraturan yang di buat oleh pengelola pasar Ijabah.