Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Jual Beli Online di Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jesm.v1i1.2731Keywords:
Implementasi, Etika Bisnis Islam, Jual Beli Online, Marketplace ShopeeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menurut mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, marketplace Shopee telah menerapkan dan mengimplementasikan prinsip etika bisnis Islam yaitu kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran dalam aktivitas bisnisnya. Dari tidak adanya diskriminasi kepada pembeli, tidak merugikan salah satu dari pihak tersebut dan pembeli juga bebas menepati atau membatalkan transaksi. Serta jujur dan amanah serta memposting gambar sesuai yang dijual, bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan dan tidak ada unsur penipuan atau pemaksaan didalamnya.