Pengaruh Marketing Mix Syariah Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Piala Mas Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jesm.v1i1.2718Keywords:
Marketing Mix Syariah, Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Toko Piala Mas Samarinda merupakan salah satu agen pakaian terkemuka di Kota Samarinda yang mempunyai banyak konsumen dari dalam dan luar kota. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan toko dalam mencapai kesuksesan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Piala Mas Samarinda pada periode Maret 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Likert, kuesioner, dan daftar pernyataan. Metode analisis pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda dan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda dengan menggunakan Program SPSS Versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Sedangkan, variabel harga, lokasi, dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Secara simultan, variabel marketing mix syariah berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Sebesar 54,7% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi, sedangkan sisanya yaitu sebesar 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain.