Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Locus of Control Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman

Authors

  • Defita Universitas Mulawarman
  • Rabiatul Adawiyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v4i1.2712

Keywords:

Digital Payment, Locus Of Control, Perilaku Konsumsi Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh digital payment dan locus of control terhadap perilaku konsumsi Islam pada mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman angkatan 2020 hingga 2024, dengan jumlah sampel sebanyak 82 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mahasiswa yang menggunakan digital payment seperti OVO, DANA, LINK-Aja, dan ShopeePay. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan analisis data variabel dilakukan dengan regresi linier berganda. Teori yang digunakan mencakup digital payment, locus of control, dan perilaku konsumsi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, digital payment dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi Islam. Secara parsial, digital payment juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi Islam, demikian pula locus of control berpengaruh terhadap perilaku konsumsi Islam. Berdasarkan analisis data, variabel-variabel tersebut terbukti valid dan reliabel. Pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa distribusi data normal dan tidak ada masalah heteroskedastisitas maupun multikolinearitas.

References

Ahmad, A. (2019). Dampak Locus Of Control, Sikap Keuangan, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Perilaku Keuangan. Management & Accounting Expose E-ISSN, 2(2), 105–115. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/accounting

Bisnis.com. (n.d.). Daftar 7 E-Wallet Terpopuler di Indonesia: Gopay, Dana, Shopee Pay, Dll. Retrieved October 5, 2024, from m.bisnis.com/amp/read/20230727/563/1678739/daftar-7e-wallet-terpopuler-

di-indonesia-gopay-dana-shopee-pay-dll

Damayanti, F. D. W., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Later Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1880–1888. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2872

Fajirin, F. B., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Produktif Di Surabaya). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 156–167. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Hidayah, N., & Bowo, A. (2018). Pengaruh Uang Saku, Locus Of Control Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prilku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Houston, D. D. (2019). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. Medium, 7(2), 55– 67.

Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim : Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1374

Puspitasari, S. D., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 64–74. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Rahman, A., & Fitrah, M. (2018). Perilaku Konsumsi Masyarakat Dalam Persektif Islam Di Keluraha Barombong Kota Makassar. Laa Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126. https://doi.org/10.33369/insight.16.1.107-126

Sudaryati, A. A., & Wulandari, D. A. (2023). The Effect Of Lifestyle, Financial Literacy And Locus Of Control On Behavior. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7890–7896. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 209. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1570

Downloads

Published

2025-03-30