Perilaku Konsuumsi Islami Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan perilaku konsumsi islami pada mahasiswa ekonomi syariah dengan mahasiswa non ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman angkatan 2020-2021 dengan melibatkan 286 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, data yang dikumpulkan melalui pernyataan kuesioner yang disebar kepada responden dengan skala likert dalam bentuk data ordinal. Analisis data dilakukan menggunakan Chi-Square. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 25. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Tidak terdapat perbedaan anatar mahasiswa ekonomi Syariah dengan mahasiswa non ekonomi syariah. Dimana kedua kelompok menujukkan kecenderungan yang positif dalam menerapkan prinsip-prinsip konsumsi dalam islam seperti prinsip keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati, dan moralitas.
References
Febriana, L., & Qurniati, A. (2021). Pendidikan agama Islam berbasisreligiusitas.
El Ta’dib: Journal of Islami Education, 1(1), 4–7.
FORDEBI, A. (2017). Ekonomi Dan Bisnis Islam Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam (T. Ahim Abdurahim, Ahmad Djalaluddin, Aji Dedi Mulawarman, Amelia Indah Kusdewanti, Ari Kamayanti, Asfi Manzilati, Diana Nurindrasari, Fajar Anggraeni, Husnul Hatimah, Ilham Salle, Leo Herlambang, Nisrina Habibaty, Novrida Qudsi Lutfillah, Novrida Qudsi Lutf (ed.)). PT RajaGrafindoPerseda.
Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 59–81. https://doi.org/10.32939/islamika.v22i01.1094
Ir. Adiwarman A. Karim, S.E, M.B.A., M. A. E. P. (2022). Ekonomi Mikro Islami
(Monalisa (ed.); Keenam). PT RajaGrafindo Persada.
Layla Novitasari, Nurti Budiyanti, Hayanti Nufus, Muhammad Ahyar, P. W. (2023). Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online Ditinjau Dari Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Ekonomi, 8(1), 1–16.
Prof. Dr. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D
(Alfabeta (ed.)).
Sukarno Wibowo, S.E., M.M.; Dedi Supriadi, M. A. (2013). Ekonomi Mikro Islam (P. D. H. B. Abdullah (ed.); Cetakan 1). CV. PUSTAKA SETIA.
Syaputra, E. (2017). Perilaku Konsumsi Masyarakat Modern Perspektif Islam: Telaah Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 144. https://doi.org/10.22219/jes.v2i2.5102
Vinna Sri Yuniarti, S.E., M. M. (2016). Ekonomi Mikro Syariah (Tim Redaksi Pustaka Setia (ed.)).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Yani, Abdul Gafur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.