Pengaruh Faktor Religiusitas dan Pengetahuan Islami Terhadap Konsumsi Produk Pangan Halal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)

Authors

  • Fita Mardiani Universitas Mulawarman
  • Andi Martina Kamaruddin Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v4i1.2101

Keywords:

Religiusitas, Pengetahuan Islami, Keputusan Konsumsi Produk Pangan Halal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor religiusitas dan pengetahuan Islami terhadap keputusan konsumsi produk pangan halal di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, dengan sampel 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang disebar ke aplikasi WhatsApp. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi logistik ordinal, uji overall model fit, uji goodness of fit, uji nagelkerke r square, uji wald (uji parsial t). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan pengetahuan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumsi produk pangan halal di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

References

Alviah, A., Sugiarti, Y., Nuramalia Handayani, M., & Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Konsep Halal Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Teknologi Agroindustri Effects Of Knowledge About Halal Concept To Agroindustrial Technology Of Education Students’ Lifestyle. http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortech/indexEDUFORTECH3

bpjph.halal.go.id. (t.t.). Diambil 12 Juni 2024, dari https://bpjph.halal.go.id/detail/produk-ini-harus-bersertifikat-halal-di-oktober-2024-bpjph-imbau-pelaku-usaha-segera-urus-sertifikasi-halal

Chaldun, I. (2018). Ilmu dalam Perspektif Al-Qur’an retna Dwi Estuningtyas.

Fitriyani, Adyatma, S., & Kumalawati, R. (2018). Analisis Tingkat Ketahanan Pangan di Kabupaten Banjar Povinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 5(No. 3).

Hakim, L., & Waluyo, A. (2023). Tingkat religiusitas, pengetahuan produk, dan sikap konsumen terhadap pembelian makanan dan minuman halal. Journal of Halal Industry Studies, 2(1), 49–65. https://doi.org/10.53088/jhis.v2i1.373

katalog.data.go.id. (t.t.). Diambil 6 Juni 2024, dari https://katalog.data.go.id/dataset/data-umkm/resource/122cf29c-53f9-4fb5-b80e-63375e541a02

Kotler, P., Armstrong, & Garry. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga.

niaga.asia. (t.t.). Diambil 6 Juni 2024, dari https://www.niaga.asia/kaltim-sudah-punya-6-572-umkm-bersertifikat-halal/

Notoatmodjo, S. (2018). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nur Fadilah, T., Nur Alfianto, A., & Syubannul Wathon, S. (2020). Tingkat Pengetahuan dan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan Halal. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 18. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK

Nusran, M., Haming, P., Prihatin, E., Hasrin, S. M., & Abdullah, N. (2021). Edukasi Gaya Hidup Halal di Kalangan Komunitas Generasi Milenial. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.30653/ijma.202112.2

Purnasari, N., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2018). Menilai Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. Dalam BISNIS (Vol. 6, Nomor 2)

Septrimadona, Y., Dosen, M. E., Sulthan, S., Hasyim, S., Sri, S., & Riau, I. (2023). Perilaku Konsumen Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Warga Komplek Perumahan Pemda Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Kabupaten Siak) (Vol. 02, Nomor 01).

Siagian, T. R., Naufal, M., & Marpaung, Z. (2023). Konsumsi Menurut Kacamata Islam. 3.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Susanti, S., & Mashudi. (2022). Analisis Pandangan Masyarakat Bangkalan terhadap Produk dengan Label Halal. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.33

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan).

Downloads

Published

2025-03-30