Pengaruh Tren kuliner dan Tren Pakaian terhadap Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswi Universitas Mulawarman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2020/2021)

Authors

  • Revana Eka Lestari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jesm.v3i4.1709

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Tren Kuliner dan Pakaian, Mahasiswi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana tren kuliner dan tren pakaian mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi. Tren kuliner, seperti kafe estetik dan makanan kekinian, serta tren pakaian yang dipengaruhi oleh media sosial dan mode cepat, telah menjadi fenomena yang mencolok dikalangan generasi muda. Kedua tren ini menciptakan budaya konsumsi yang didorong oleh keinginan untuk tampil sesuai dengan standar sosial dan estetika terkini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tren kuliner dan tren pakaian berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan tren kuliner berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi. Sedangkan variable tren pakaian berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi.

Downloads

Published

2024-12-30