Pelatihan Pembuatan Poster Digital Menggunakan Canva di SMA Negeri 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/petisi.v3i1.2264Keywords:
Canva, Desain Grafis, Literasi Digital, Poster Digital, Sistem InformasiAbstract
Kemampuan membuat konten visual yang menarik menjadi penting di era digital. Siswa SMA, sebagai bagian dari generasi yang akrab dengan teknologi, memiliki potensi besar untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui teknologi. Namun, kurangnya pengetahuan tentang perangkat lunak desain sering kali menjadi kendala. SMA Negeri 5 Samarinda, meskipun memiliki potensi besar dalam mengembangkan kreativitas siswa, masih menghadapi tantangan dalam hal pemahaman dan keterampilan desain grafis, terutama dalam pembuatan poster digital yang menarik dan profesional. Pelatihan pembuatan poster digital menggunakan Canva di SMA Negeri 5 Samarinda bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa, khususnya dalam bidang desain grafis. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup survei dan perizinan, pembuatan modul pelatihan, penyesuaian jadwal, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Canva dipilih karena kemudahan penggunaannya, yang memungkinkan siswa membuat poster digital dengan hasil yang kreatif dan efektif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan telah berjalan dengan baik yang melibatkan siswa/i kelas XII-3 dan XII-4. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan desain grafis siswa dan mempersiapkan mereka untuk memanfaatkan teknologi dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik.
References
Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Harto, B., Rukmana, A. Y., Boari, Y., SR, T. L. R., Rusliyadi, M., Aldo, D., Juliawati, P., & Dewi, Y. A. (2023). WIRAUSAHA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI: Peluang usaha dalam meyongsong era society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Larasati, G., & Roidah, I. S. (2023). Penggunaan aplikasi Canva untuk pembuatan konten gambar sebagai upaya promosi produk umkm di media sosial. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–23.
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Teknologi dan Sistem Informasi (PETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.