Pengukuran Kesuksesan Aplikasi Ujian Online Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model DeLone dan McLean
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.779Keywords:
DeLone dan McLean, Sistem Informasi, Kepercayaan, Aplikasi Ujian OnlineAbstract
Aplikasi Ujian Online merupakan media yang diimplementasikan di SMAN 10 Samarinda yang dapat digunakan untuk mengelola proses pelaksanaan ujian. Terdapat beberapa permasalahan yang dirasakan oleh pengguna saat mengoperasikan Aplikasi Ujian Online yang mana berpengaruh terhadap kepuasan siswa terhadap sistem tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya pengukuran kesuksesan Aplikasi Ujian Online dengan model DeLone dan McLean tahun 2003 dengan menambahkan variabel kepercayaan (trust) yang bertujuan untuk menilai manfaat yang dirasakan pengguna dari kualitas yang dihasilkan oleh Aplikasi Ujian Online. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 319 siswa angkatan 2020-2022 yang kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 4 versi 4.0.9.1. Hasil analisis penelitian ini adalah diterimanya 10 dari 13 hipotesis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan dipengaruhi oleh kualitas informasi dan kualitas layanan, penggunaan dipengaruhi oleh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan. Kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan memengaruhi kepuasan pengguna. Penggunaan dan kepuasan pengguna memengaruhi manfaat bersih. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam mengakses Aplikasi Ujian Online, perlu adanya peningkatan kualitas sistem, informasi, serta layanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
References
Azizah, A. H. (2018). Analisis Faktor Kepercayaan terhadap Teknologi pada Keinginan Masyarakat dalam Mengadopsi E-Voting. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 4(2), 109–115. https://doi.org/10.33197/jitter.vol4.iss2.2018.156
Ernawati, M., Hermaliani, E. H., & Sulistyowati, D. N. (2020). Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile. Jurnal Ikra-Ith Informatika, 5(18), 58–67.
Gunawan, H., Zulkarnain, & Alwie, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Masyarakat pada Informasi Publik dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(4), 684–697.
Handayani, P. W., Hidayanto, A. N., Pinem, A. A., Azzahro, F., Munajat, Q., Ayuningtyas, D., & Hapsari, I. C. (2019). Konsep CB-SEM dan SEM-PLS Disertai dengan Contoh Kasus. PT RajaGrafindo Persada.
Haning, M. T., Hasniati, & Tahili, M. H. (2021). Public Trust dalam Pelayanan Organisasi Publik - Konsep, Dimensi, dan Strategi. UPT Unhas Press.
Jogiyanto, H. M. (2007). Model Kesuksesan Sistem Informasi. Penerbit Andi.
Marselina, L., Kaniawulan, I., & Singasatia, H. D. (2022). Analisis Kesuksesan Aplikasi BRImo dengan Pendekatan DeLone and McLean. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 4(3), 193–198. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i3.1951
Prehanto, D. R. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka.
Putra, R. P., Wibowo, A., Farlina, Y., & Susilawati, D. (2022). Penerapan Model Delone And Mclean Website Sistem Informasi Akademik STIKES Sukabumi. Swabumi, 10(1), 44–54. https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12255
Silalahi, R., & Pramedia, D. P. (2018). Analisis Faktor Keberhasilan Fintech Payment dengan Menggunakan Model DeLone dan McLean. In Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (Vol. 3, Issue 1).
Syahrir, Danial, Yulinda, E., & Yusuf, M. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.
Utomo, A. P., Mariana, N., Sri, R., Rejeki, A., Lomba, J. T., No, J., & Mugas, S. (2018). Model Evaluasi Integrasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-learning Universitas. Jurnal Ikra-Ith Informatika, 2(1), 94–101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.