Analisis Kepuasan Pengguna Layanan E-Surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Muhammad Fachreiza Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.1154

Keywords:

Analisis, Kepuasan Pengguna, Keamanan, Layanan E-Surat, EUCS, Universitas Mulawarman

Abstract

Layanan E-Surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman merupakan layanan online yang memungkinkan pengguna membuat surat elektronik tanpa harus menemui staf kampus melalui e-surat.ft.unmul.ac.id. Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki situs layanan E-Surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, namun ada juga kekhawatiran akan potensi kekurangan atau kurang dimanfaatkannya layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan sistem dan memastikan tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan e-surat. 6 variabel terikat yaitu isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, dan keamanan serta satu variabel bebas yaitu kepuasan pengguna dimasukkan dalam studi kuantitatif yang menggunakan pendekatan EUCS (End User Computing Satisfaction). Kuesioner digunakan untuk pengumpulan data dengan jumlah sampel sebanyak 360 responden, populasi penelitian terdiri dari staf dan mahasiswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa setiap variabel dari pendekatan EUCS mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna.

References

Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman. 2021. “Layanan E-Surat.” Retrieved February 23, 2023 (https://ft.unmul.ac.id/read/lockdown-selama-2-minggu-kedepan-fakultas-teknik-universitas-mulawarman-manfaatkan-sistem-e-surat.html/news).

Hakim, Lukman, and Tania Pertiwi. 2018. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website STKIP PGRI Lubuklinggau Menggunakan Metode PIECES.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu 9(2):26–36.

Al Hakim, Riko, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4):263. doi: 10.22460/fokus.v4i4.7249.

Kurniasih, Indah, and Desi Pibriana. 2021. “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 8(1):181–98. doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.

Munap, Rudzi, Siti Nor Bayaah Ahmad, Sofhinaz Abdul Hamid, and Mirza Fareed Beg MM Talib Beg. 2018. “The Influence of End User Computing System (EUCS) on User Satisfaction: The Case of a Logistic and Courier Service Company.” International Journal of Social Sciences and Humanities Invention 5(12):5103–10. doi: 10.18535/ijsshi/v5i12.03.

Suryawan, Muhaji Bayu, and Prihandoko. 2018. “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM Dan EUCS.” Creative Information Technology Journal 4(3):233. doi: 10.24076/citec.2017v4i3.113.

Tarigan, Agita Devi Larasati, and Jumino. 2018. “Pemanfaatan Aplikasi E-Surat Dalam Mendukung Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 7(3):71–80.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Fachreiza, M., Kamila, V. Z., & Masa, A. P. A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan E-Surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 1(2), 58–64. https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.1154