Analisis Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal Universitas Mulawarman
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i1.275Keywords:
Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal, Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT), SmartPLS, PLS SEMAbstract
Salah satu teknologi informasi yang ada di Universitas Mulawarman adalah sistem informasi uang kuliah tunggal. Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal merupakan suatu aplikasi yang mempermudah Mahasiswa dalam melakukan proses yang berkaitan dengan Uang Kuliah Tunggal seperti perubahan Uang Kuliah Tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku mahasiswa terhadap Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal dengan menggunakan Metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Pengambilan sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Mulawarman dan diperoleh sebanyak 101 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode PLS SEM menggunakan software SmartPLS versi 4. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Performance Expectancy berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Behavioral Intention; (2) Effort Expectancy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention; (3) Social Influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention; (4) Facilitating Condition berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior; (5) Behavioral Intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior.
References
Angelina, C., Sharon, S., Lim, S., Lombogia, J. Y. R., & Aruan, D. A. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity, Perputaran Kas dan Total Asset TurnOver (TATO) Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food & Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. RISET & JURNAL AKUNTANSI, 4(1), 16. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.178
Bernanda, D. Y., Yohanes, A., Seputro, J. S., & Andry, J. F. (2019). Analisis Sistem Krs Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Xyz Menggunakan Metode Utaut. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 124. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.237
Diningrat, M. S. M., W.A, B. S., & Henderi, H. (2019). Evaluasi Penerimaan Aplikasi Mobile Banking BNI Terhadap Minat Nasabah Menggunakan UTAUT. Jurnal Informa : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 9–13. https://doi.org/10.46808/informa.v5i4.132
Firzatullah, R. M. (2021). Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Uang Kuliah Tunggal Universitas XYZ Menggunakan Algoritma Backpropagation. Petir, 14(2), 170–180. https://doi.org/10.33322/petir.v14i2.996
Herfiyanto, P., Hariadi, B., & Wahyuningtyas, N. (2018). Analisis Pola Penerimaan Guru Terhadap Rapor Online Menggunakan Metode UTAUT ( Studi Kasus Pada SMA Negeri 8 Surabaya ). In Jsika (Vol. 7, Issue 1).
Muttaqin, M., & Prihandoko. (2018). Analisa Pemanfaatan Sistem Informasi E-Office Pada Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Dengan Menggunakan Metode UTAUT. Jurnal Teknik Dan Informatika, 5(1), 40–43.
Nuari, E. S., Nurkhin, A., & Kardoyo, K. (2019). Analisis Determinan Pemanfaatan Edmodo Dengan Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 57–73. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26337
Nugroho, Y. (2021). Analisis Hubungan Nilai Hedonis dan Nilai Utilitarian Terhadap Niat Membeli Dengan Mediasi Kepuasan Pada Kategori Pakaian Di Shopee Surabaya. In Skripsi (Vol. 7).
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Salsabilla, E. S., & Januarita, D. (2022). Analisis Sistem Informasi Panda ( SIP ) Terhadap Penerimaan PenggunaMenggunakan Metode UTAUT. 3, 502–509. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4131
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRITISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.