Desiminasi Merawat Uang Rupiah & Pengenalan Profil Pahlawan di Uang Kertas Emisi 2022 Menggunakan Augmented Reality

Authors

  • Muhammad Bambang Firdaus
  • Haviluddin
  • Zainal Arifin
  • M. Rivani Ibrahim
  • Fiqri Khaidar Yahya
  • Adriati Manuk Allo

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v2i2.1865

Keywords:

Rupiah, Merawat Rupiah, Augmented Reality

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul "Diseminasi Merawat Uang Rupiah & Pengenalan Profil Pahlawan di Uang Kertas Emisi 2022 Menggunakan Augmented Reality" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya merawat uang rupiah serta mengenal pahlawan nasional yang diabadikan pada uang kertas emisi terbaru. Teknologi Augmented Reality (AR) dipilih sebagai media inovatif untuk mencapai tujuan tersebut, karena kemampuannya dalam menyajikan informasi secara interaktif dan menarik. Program ini dirancang untuk berbagai kelompok masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Kegiatan utama meliputi seminar edukatif tentang cara merawat uang kertas agar tahan lama, serta sesi interaktif menggunakan aplikasi AR yang menampilkan profil pahlawan secara visual dan informatif ketika kamera ponsel diarahkan pada uang kertas. Diharapkan, melalui pendekatan ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang sejarah dan jasa pahlawan nasional, tetapi juga termotivasi untuk merawat uang rupiah dengan lebih baik. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi finansial dan sejarah, serta menciptakan rasa bangga dan penghargaan terhadap simbol-simbol nasional yang terdapat pada uang kertas. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi model bagi program edukasi lainnya di masa depan.

References

Dengen, N., Pakpahan, H. S., Putra, G. F., Firdaus, M. B., Wardhana, R., & Tejawati, A. (2019). An Augmented Reality Model Physical Transformation Learning. ICEEIE 2019 - International Conference on Electrical, Electronics and Information Engineering: Emerging Innovative Technology for Sustainable Future, 255–259. https://doi.org/10.1109/ICEEIE47180.2019.8981444

Prasetiyo, T. K., & Soepriyanto, Y. (2017). RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY UNTUK DESAIN INTERIOR BANGUNAN. 171–176.

Vovk, A. (2019). [ DC ] Dimensionality of Augmented Reality Spatial Interfaces. 2019 IEEE Conference on Virtual Reality and 3D User Interfaces (VR), 1377–1378. https://doi.org/10.1109/VR.2019.8798171

Yonanta, V. C. M., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2020). Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Untuk Pengenalan Warna Dasar Menggunakan Markerless Augmented Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 4(1), 320–329.

Downloads

Published

05-11-2024

How to Cite

Muhammad Bambang, Haviluddin, Arifin, Z., Ibrahim, M. R., Yahya, F. K., & Allo, A. M. (2024). Desiminasi Merawat Uang Rupiah & Pengenalan Profil Pahlawan di Uang Kertas Emisi 2022 Menggunakan Augmented Reality. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 2(2), 27–32. https://doi.org/10.30872/petisi.v2i2.1865