Analisis Perbandingan Desain Ulang Antarmuka Aplikasi MyIPM untuk Pengalaman Pengguna Tahun 2024
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v3i1.2105Keywords:
Ikatan Pelajar Muhammadiyah, MyIPM, Design Thinking, User Interface, User Experience, Evaluasi Desain, Aplikasi Komunitas, UI/UXAbstract
Aplikasi MyIPM, yang dikembangkan oleh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM), bertujuan memfasilitasi interaksi, komunikasi, dan pembinaan anggota IPM. Namun, desain antarmuka pengguna (UI) aplikasi ini memiliki keterbatasan yang berdampak pada User Experience (UX), seperti tata letak yang kurang teratur, navigasi yang tidak intuitif, dan elemen visual yang tidak konsisten. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap awal, data pengalaman pengguna dikumpulkan untuk mengidentifikasi permasalahan utama pada enam menu aplikasi: Home, Event, Profile, Notifikasi, Lagu, dan Riwayat Kegiatan. Solusi desain kemudian dirancang ulang berdasarkan analisis masalah, dengan prototipe diuji menggunakan Analisis Skala Likert untuk menilai tingkat kepuasan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa desain baru berhasil meningkatkan navigasi, estetika, dan kejelasan informasi secara signifikan. Semua menu memperoleh rata-rata rating di atas 4 pada skala 1-5, dengan menu Lagu mencatat skor tertinggi sebesar 4,69. Perubahan seperti tata letak yang lebih terstruktur, warna yang konsisten, elemen visual tambahan, serta panel yang lebih informatif memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan desain asli. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan aplikasi komunitas yang relevan.
References
Adiko, J., Mappiasse, S., & Halimah, N. (2021). Peran Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Tanamon Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1710
Assaufa, N. I., & Arifin, M. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi “BISA” Dengan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 9(2), 50–61. https://doi.org/10.55635/jic.v9i2.174
Herawan, A. R., Rokhmawati, R. I., & Akbar, M. A. (2023). Analisis dan Perancangan Ulang Desain UI & UX pada Aplikasi iPusnas dengan Penerapan Elemen Gamifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 2767–2776. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13187
Ibrahim, M. R., Soepriyadi, A., Bambang Basuki, N., & Pamilih Widagdo, P. (2024). Implementasi Metode User Experience Questionnaire Pada Website Kepegawaian Universitas Mulawarman. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 8(1), 41–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v8i1.15772
Kinasih, F. A., Miladan, N., & Kusumastuti, K. (2023). Kajian risiko bencana gempa bumi akibat aktivitas Sesar Lembang di Kabupaten Bandung Barat. Region : Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 18(2), 357–371. https://doi.org/10.20961/region.v18i2.57232
Nurlailah, E., & Nova Wardani, K. R. (2023). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Oleh-Oleh Khas Kota Pagaralam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(4), 1175–1185. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4006
Putra, R. P., Sulistiowati, & Dwi, A. C. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Program Studi Pada Universitas Dinamika. Jurnal Ilmiah Scroll: Jendela Teknologi Informasi, 11(2), 126–130. https://doi.org/10.30640/ejournalscroll.v11i2.474
Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149–154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542
Sibagariang, S., Dzikri, A., Resda, D. P., & Purba, J. H. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Organisasi Mahasiswa (SIOMAH). Jurnal Mahajana Informasi, 6(2), 54–60. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i2.2446
Umar, R., Ifani, A. Z., Ammatulloh, F. I., & Anggriani, M. (2021). Analisis Sistem Informasi Web LSP UAD Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 173–178. https://doi.org/10.46880/jmika.vol4no2.pp173-178
Wijaya, Y. I., & Rahman, M. S. (2023). Perancangan Aplikasi Android Kegiatan dan Monitoring Ormawa Uniska Mab Banjarmasin. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 310–324. https://doi.org/10.33084/jsakti.v6i1.5862
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.