Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) dengan Metode WEBQUAL

(Studi Kasus : Universitas Mulawarman)

Authors

  • Deo Fahredy Universitas Mulawarman
  • Muriani Emelda Isharyani Universitas Mulawarman
  • Theresia Amelia Pawitra Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.490

Keywords:

SIA, tingkat kepuasan, website, webqual

Abstract

Sebuah website diperlukan dalam sebuah instansi, perusahaan, ataupun tempat pendidikan. Universitas Mulawarman memiliki website beralamatkan www.unmul.ac.id dan memiliki aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi SIA, mengetahui atribut yang perlu diperbaiki berdasarkan dimensi WebQual, dan memberikan usulan perbaikan dengan House of Quality (HOQ). Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa pada aplikasi SIA menggunakan metode WebQual. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aplikasi SIA adalah cukup puas dengan rata-rata kepuasan 3,030. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap dimensi usability adalah cukup puas dengan rata-rata kepuasan 3,160, terhadap dimensi information quality cukup puas dengan rata-rata kepuasan 3,124, dan terhadap dimensi interaction quality cukup puas dengan rata-rata kepuasan 2,806. Hasil dari Importance Performance Analysis menunjukkan atribut yang mempunyai tingkat kepuasan rendah dan tingkat kepentingan tinggi adalah ketepatan waktu aplikasi SIA dalam memberikan informasi sesuai kebutuhan pengguna dan tingkat relevansi aplikasi SIA terhadap informasi akademik berdasarkan IPA. Usulan perbaikan pada aplikasi SIA untuk mengatasi kedua atribut tersebut adalah memberi informasi tepat waktu sesuai kebutuhan mahasiswa seperti adanya deadline waktu antara dosen ke jurusan, jurusan ke fakultas dan menyediakan informasi yang relevan sesuai kebutuhan mahasiswa seperti jadwal kuliah, jadwal ujian, kapasitas kelas, serta adanya warning dialog untuk mengatasi kesalahan input mahasiswa jika persyaratan tidak memenuhi atau kesamaan jadwal kuliah.

References

Alhasanah, dkk., 2014, Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan Web
E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online, Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 2, Hal. 1-10.
Anwariningsih, S.H., 2012, Multifaktor Kualitas Website, Jurnal Teknik Informatika, ISSN 2086-
4221, Hal. 1-10.
Danim, Sudarwan, 2014, Metode Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Prilaku, Bumi Aksara, Jakarta.
Devani, Vera, dan Kartikasari, D.D., 2012, Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Administrasi
Mahasiswa Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD), Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 11, No.2
Nandari, B. A., dan Sukadi, 2014, Pembuatan Website Portal Berita Desa Jetis Lor. Indonesian Journal on Networking and Security
Rahadi, Dedi Rianto., 2014, Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 6, No. 1, Hal. 661-671
Santoso, H. 2012. Melalui Pendekatan Integrasi Metoda Servqual-Six Sigma Jurnal ATAU, 1(1), 85 – 106.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Administrasi, Cetakan Keduapuluh, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, F., 2012, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Sleman
Wijaya, Toni., 2012, Manajemen Kualitas Jasa, Cetakan Kesatu, Indeks, Jakarta.

Downloads

Published

27-02-2023

How to Cite

Fahredy, D., Isharyani, M. E., & Pawitra, T. A. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) dengan Metode WEBQUAL: (Studi Kasus : Universitas Mulawarman). Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(1), 29–40. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.490