The Influence Of The Husler-Budiman Campaign Message 2020 Election On Social Media On The Behavior Of Young Voter In Wasuponda District East Luwu Timur Pengaruh Pesan Kampanye Husler-Budiman Pilkada 2020 Di Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Muda Di Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan secara empiris bagaimana pengaruh pengaruh pesan kampanye Husler-Budiman di media sosial terhadap perilaku pemilih muda di kecematan wasuponda kabupaten luwu timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisoner. Data dianalisis menggunakan software SPSS 27 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan Pesan kampanye di media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap perilaku pemilih muda di Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur, dengan nilai unstandardized coefficients (β) variabel pesan kampanye di media sosial sebesar 0,968 dan nilai t-hitung sebesar 14,577 lebih besar dari t-tabel 1,661 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sementara Nilai F sebesar 212,487 > F-tabel 3,94 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pesan kampanye di media sosial dapat menjadi wadah bagi pemilih muda untuk meningkatkan pemahaman politik di masa kampanye. Secara simultan, pesan kampanye di media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pemilih muda di Kecamatan Wasuponda Kabupaten Luwu Timur.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.