Pemodelan Prediksi Penjualan Dengan Algoritma SARIMA Untuk Perencanaan Stok Pupuk pada Umkm Pupuk Organik Adibio

Authors

  • Intan Febiana Ovianti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Dwi Hartanti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Mira Erlinawati Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v4i1.3030

Keywords:

SARIMA, Prediksi, Arima, Pupuk, UMKM

Abstract

Pemupukan merupakan salah satu strategi penting dalam meningkatkan hasil panen, terutama di sektor pertanian yang sangat bergantung pada kualitas dan ketersediaan pupuk. UMKM Pupuk Organik Adibio hadir sebagai solusi dengan menyediakan pupuk organik dan anorganik berkualitas bagi para petani. Berdasarkan analisis data penjualan, diketahui bahwa penjualan pupuk di Toko Pupuk Organik Adibio memiliki pola musiman yang cukup kuat, ditandai dengan lonjakan permintaan pada bulan-bulan tertentu yang bertepatan dengan musim tanam atau panen. Dalam menghadapi tantangan ini, pemilihan metode peramalan yang tepat sangat diperlukan. Metode ARIMA standar tidak cukup efektif karena tidak mempertimbangkan komponen musiman. Oleh karena itu, digunakan metode SARIMA (Seasonal ARIMA) yang mampu menangkap fluktuasi musiman dan trend jangka panjang secara lebih akurat. Penerapan SARIMA memungkinkan toko untuk merencanakan persediaan pupuk dengan lebih baik, meminimalkan risiko kelebihan atau kekurangan stok, serta meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, penggunaan model prediksi seperti SARIMA juga merupakan bagian dari upaya digitalisasi dalam pengelolaan UMKM. Dengan data yang dianalisis secara sistematis, pengambilan keputusan menjadi lebih tepat sasaran, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan dan kepuasan pelanggan. Pendekatan ini menjadi langkah strategis bagi UMKM dalam menghadapi dinamika pasar dan memperkuat daya saing di era digital.

References

Anggraeni, Dhea, and Hapzi Ali. 2025. “Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Strategi Penjualan.” 2(4):185–94.

Arsy, Elifia, and Riki Gana Suyatna. 2025. “Strategi Promosi Studio Foto Sehati Photo Studio Melalui Instragram Dalam Menarik Konsumen.” 3(1):107–14.

Asriani, Ayu, Adha Mashur Sajiah, Jumadil Nangi, Jurusan Teknik Informatika, and Universitas Halu Oleo. 2025. “Penerapan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) Pada Indeks Harga Konsumen (IHK) Dalam Inflation Forecasting System.” 3(1):19–26.

Economic, Jambura, and Education Journal. 2025. “Kata Kunci: Kualitas Produk, Minat Beli 673.” 7(2):673–83.

Emma, Sebayang. 2025. “Biogenerasi.” 10:1209–19.

Gigentika, Soraya Dkk. 2021. “Jurnal Abdi Insani.” Jurnal Abdi Insani 9(September):1125–34.

Izza, Nailul, and Didit Darmawan. 2025. “Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Makanan : Literature Review ( The Effect of Price on Intention to Buy Food : Literature Review).” 4(1):12–23.

Junaedi, Lukman, Natalia Damastuti, and Agung Widodo. 2025. “Penerapan Metode Seasonal ARIMA ( SARIMA ) Untuk Peramalan Penjualan Barang Dengan Pola Musiman Tahunan.” 01:38–48.

Kuswanto, Hasby, Pradita Eko, Prasetyo Utomo, Ulfa Khaira, Akhiyar Waladi, Program Studi, Sistem Informasi, Fakultas Sains, Dan Teknologi, and Universitas Jambi. 2025. “Prediksi Nilai Ekspor Migas Indonesia Menggunakan Metode SARIMA Dan LSTM.” 5(1):69–79. doi: 10.54259/satesi.v5i1.4103.

Larissa, Dwika, Fadhilah Fitri, and Dina Fitria. 2025. “Forecasting the Price of Shallots in Padang City Using the SARIMA Method.” 1:17–25.

Matematika, Program Studi, Universitas Halu Oleo, Program Studi Matematika, and Universitas Halu Oleo. 2025. “Jurnal Matematika , Komputasi Dan Statistika ISSN : 2503 – 2984 ANALISIS METODE SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE ( SARIMA ) DAN PENERAPANNYA UNTUK MERAMALKAN PENJUALAN Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO Jurnal Matematika , Komputasi Dan Statistika Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO.” 5(April):848–56.

Muzaki, Fais, Neli Agustina, and Jakarta Timur. 2025. “Peramalan Nilai Tukar Petani Subsektor Tanaman Pangan Di Nusa Tenggara Timur Menggunakan Metode SARIMA ( Forecasting Farmer ’ s Terms of Trade of Food Crops Subsector in Nusa Tenggara Timur Using.” (2022).

Nainggolan, Mai Fernando, Surya Abadi Sembiring, Sri Ayu Andayani, and Herlina Yolanda. 2025. “Efisiensi Pemanfaatan Pupuk Organik Untuk Efektifitas Pertanian Holtikultura Di Nagori Urung Purba , Kecamatan Purba , Kabupaten.” 6(1):622–27.

Rero, Theresia Cindilia, Andreas Rengga, Cicilia Ayu, and Wulandari Nuwa. 2025. “Implementasi Penetapan Strategi Dalam Peningkatan Penjualan Pada Apotek Winola Medika.” 12(1).

Septiani, Nabila, Nur Salam, and Khairullah Khairullah. 2024. “Prakiraan Indeks Kekeringan Menggunakan Metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (Sarima) Berdasarkan Data Standardized Precipitation Index (Spi) Kota Banjarbaru.” RAGAM: Journal of Statistics & Its Application 2(2):77. doi: 10.20527/ragam.v2i2.11334.

Tommy, Humasak, Argo Simanjuntak, Amelia Lumbanraja, and Gabriel Samosir. 2025. “PREDIKSI SINGLE-STEP DAN MULTI-STEP DATA CUACA MENGGUNAKAN PRECISION IN FORECASTING : SINGLE-STEP AND MULTI-STEP WEATHER PREDICTIONS WITH LSTM AND SARIMA MODELS.” 12(2):399–410. doi: 10.25126/jtiik.2025129444.

Yulis, Nurlina, Muh Alif Anhar, and Anthony Saul Rombe. 2025. “Analisis Perbandingan Peramalan Penggunaan Bahan Baku Menggunakan Metode Weighted Moving Average ( WMA ) Dan Evaluasi Dengan Mean Absolute Error ( MAE ).” XIV(1):57–64.

Zulva, Azka Fatihatuz, and Hapzi Ali. 2025. “Pengaruh Strategi Inovasi Produk , Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Persaingan Perusahaan.” 3(1):24–32.

Downloads

Published

10-06-2025

How to Cite

Pemodelan Prediksi Penjualan Dengan Algoritma SARIMA Untuk Perencanaan Stok Pupuk pada Umkm Pupuk Organik Adibio. (2025). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 4(1), 64-71. https://doi.org/10.30872/atasi.v4i1.3030

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.