Soft Skill dan Profesi Akuntan di Masa Depan: Mengungkap Impresi Mahasiswa Akuntansi

Authors

  • Ferry Diyanti Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Yunita Fitria Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2700

Keywords:

Soft Skill, Akuntan, Mahasiswa Akuntansi

Abstract

Impresi mahasiswa akuntansi terhadap penguasaan soft skill menarik untuk diteliti, dimana mahasiswa akuntansi sebagai generasi milenial diharapkan mampu menguasai kompetensi tersebut untuk dapat berhasil di dunia kerja dan lingkungan sekitarnya.Impresi dalam penelitian ini berkaitan dengan pemahaman mahasiswa mengenai apa saja soft skill yang harus mereka kuasai dan urgensinya bagi masa depan mereka serta bagaimana proses untuk mendapatkan kemampuan soft skill tersebut. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan impresi mahasiswa akuntansi dalam menguasai soft skill. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang berasal dari Perguruan Tinggi di kota Samarinda. Proses pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara. Tehnik analisis dilakukan dengan cara reduksi data dan pengumpulan data yang dilakukan secara bersamaan sehingga didapatkan informasi yang berkaitan dengan impresi mahasiswa terhadap penguasaan soft skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi, kemampuan memahami, bekerja sama, kemampuan memberikan solusi yang baik, sikap kepemimpinan dan manajemen waktu dianggap penting untuk mendukung masa depan mereka sebagai akuntan. Penelitian ini juga menemukan bahwa penguasaan soft skill juga lebih banyak diperoleh dari kegiatan yang dilakukan di luar perkuliahan

References

Adinda, K., & Rohman, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan. 4(2006), 1–10.

Atanasovski, A., Trpeska, M., & Bozinovska Lazarevska, Z. (2018). Accounting Students’ and Employers’ Perceptions on Employability Skills in the SEE Country. European Financial and Accounting Journal, 13(3), 55–71. https://doi.org/10.18267/j.efaj.214

Chandra, Y., & Shang, L. (2017). An RQDA-based constructivist methodology for qualitative research. Qualitative Market Research, 20(1), 90–112. https://doi.org/10.1108/QMR-02-2016-0014

Chen, T. T. Y. (2014). Is Hong Kong ready for accounting education reform: An analysis of tri-partite views. Accounting Research Journal, 27(3), 249–265. https://doi.org/10.1108/ARJ-11-2013-0078

Kamayanti. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Pengantar Religiositas Keilmuan (Mulawarman (Ed.); Edisi 1, C). 2017.

Kermis, G. F., & Kermis, M. D. (2011). and Professionalism of Accounting Students : The Case for Intervention.

Lin, Z. J., Xiong, X., & Liu, M. (2005). Knowledge base and skill development in accounting education: Evidence from China. Journal of Accounting Education, 23(3), 149–169. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2005.06.003

Low, M., Samkin, G., & Liu, C. (2013). Accounting Education and the Provision of Soft Skills: Implications of the recent NZICA CA Academic requirement changes. Journal of Business Education & Scholarship of Teaching Low, 777(11), 1–33. http://www.ejbest.org

Maelah, R., Aman, A., Mohamed, Z. M., & Ramli, R. (2012). Enhancing Soft Skills of Accounting Undergraduates through Industrial Training. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 541–549. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.312

Mohamad, S. I. S., Muhammad, F., Mohd Hussin, M. Y., & Habidin, N. F. (2017). College Students’ Perceptions of the Embedded Soft Skills Elements Program in Accounting Courses. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(2), 778–784. https://doi.org/10.21276/sjhss.2017.2.1.15

Mohamed, E. K. A., & Lashine, S. H. (2003). Accounting knowledge and skills and the challenges of a global business environment. Managerial Finance, 29(7), 3–16. https://doi.org/10.1108/03074350310768319

Peemanee, J., Guruge, N., Perera, N., & Perera, J. O. (2024). The relationship between accounting education and accounting practice in Sri Lanka : Insights into professional education policy in Sri Lanka The relationship between accounting education and accounting practice in Sri Lanka : Insights into professional education policy in Sri Lanka. December. https://doi.org/10.24294/jipd8387

Smith, R., & McElwee, G. (2015). Developing qualitative research streams relating to illegal rural enterprise reflections on researching qualitatively at the margins of entrepreneurship research. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 21(3), 364–388. https://doi.org/10.1108/IJEBR-01-2014-0019

Weber, M. R., Finley, D. A., Crawford, A., & Rivera, D. (2009). An Exploratory Study Identifying Soft Skill Competencies in Entry-Level Managers. Tourism and Hospitality Research, 9(4), 353–361. https://doi.org/10.1057/thr.2009.22

Wiwik Mukholafatul Farida, I. T. dan A. G. (2016). Peran Akuntan Pendidik Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23, 72–82. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/10759%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/10759/5251

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Diyanti, F., & Fitria, Y. (2025). Soft Skill dan Profesi Akuntan di Masa Depan: Mengungkap Impresi Mahasiswa Akuntansi . FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 297–304. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2700

Issue

Section

Articles