Pengaruh Persepsi Negara Asal, Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Konsumen melalui Citra Merek
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2573Keywords:
Persepsi Negara Asal, Persepsi Kualitas, Citra Merek, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi negara asal, persepsi kualitas, citra merek, dan minat beli, serta mengevaluasi apakah pengguna smartphone asal China di Kota Tarakan memiliki pandangan positif terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dari responden dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini dilakukan pada masyarakat Kota Tarakan, khususnya pengguna smartphone asal China dengan rentang usia 17-45 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya jumlah pengguna smartphone asal China di wilayah tersebut mencerminkan kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap produk-produk dari China. Hal ini didukung oleh faktor-faktor seperti reputasi persepsi negara asal, persepsi kualitas, dan citra merek yang positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi negara asal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, meskipun tidak berdampak signifikan terhadap citra merek. Sementara itu, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, tetapi tidak terhadap minat beli. Selain itu, persepsi negara asal dan persepsi kualitas secara signifikan memengaruhi minat beli melalui citra merek sebagai variabel mediasi
References
Akhmadi (2019) Pengaruh Negara Asal, Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar.
Basit, A., Purwanto, E., Kristian, A., Pratiwi, D. I., Krismira, Mardiana, I., & Saputri, G. W. (2022). Teknologi Komunikasi Smartphone Pada Interaksi Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–12.
Ciputra, U. (2021) ‘Pengaruh Negara Asal Terhadap Minat Membeli Dengan Dimediasi Citra Merek’.
Diamantopulos, Bodo Schlegelmilch, Dayananda Palihawadana. 2011. The
relationship between country of origin image and brand image as drivers of
purchase intention, International Marketing Review. 28 (5), pp: 508-524.
Forma, Y.B. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Sepeda Motor. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 9(2), 123-134
Halimah (2017) Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Asus Dengan Persceived Quality Sebagai Variabel Mediasi Country Of Origin (Studi Pada Mahasiswa Di Universitas Borneo Tarakan).
Kurniawan, A.R. and Idris (2015) ‘Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Nilai’, Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 12, Pp. 53–65.
Maulana Ibrahim (2019) ‘Pengaruh Negara Asal Dan Citra Merek Terhadap Persepsi Kualitas Dan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Pengguna Dan Pembeli Smartphone Samsung Di Kota Samarinda)’, Paper Knowledge. Toward A Media History Of Documents, Pp. 38–50
Nurina, N. (2016). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Bagi Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Uniqlo Di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13-18
Pradipta, A.B., Bisnis, D.A. and Diponegoro, U. (2021) ‘Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphone Asus Pendahuluan Rumusan Masalah’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, X(I), Pp. 915–921.
Salma and Dimyati (2018) ‘Pengaruh Negara Asal Terhadap Niat Pembelian Melalui Citra Merek Oleh Konsumen Sepatu Di Kota Bandung’, Bisma, 12(2), P. 170. Available At: Https://Doi.Org/10.19184/Bisma.V12i2.7881.
Setianingsih, Wahyuni. 2016. Pengaruh Country of Origin, Brand Image, Dan persepsi Kualitas Minat Terhadap Minat Beli Oppo Smartphone.
Shabrina, V. (2014). Pengaruh country of origin terhadap brand image kosmetik Korea Selatan pada Mahasiswi Program Sarjana FISIP UI.
Yuli Astuti (2018) Pengaruh Merek, Negara Asal (Country Of Origin) Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Produk Tv Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Di Perumahan Bandar Lampung), Nucl. Phys.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iwan Setiawan, Syahran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.