Pemberdayaan UMKM di Desa Serayu Larangan Melalui Pemanfaatan WhatsApp Business Dalam Pemasaran Produk
DOI:
https://doi.org/10.30872/petisi.v3i1.3096Keywords:
UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), WhatsApp Business, DigitalAbstract
UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) di Desa Serayu Larangan memiliki prospek yang cukup baik, pemanfaatan teknologi digital seperti WhatsApp Business belum berjalan secara optimal. Berdasarkan observasi di lapangan, terlihat bahwa beberapa pelaku usaha masih belum memiliki sistem yang mendukung pengelolaan usaha secara efisien dan terpadu. Di samping itu, pemahaman terhadap pemanfaatan fitur-fitur digital, termasuk WhatsApp Business, masih belum merata, sehingga penggunaan teknologi ini dalam mendukung aktivitas usaha belum maksimal. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa diperlukan peningkatan literasi digital serta pemanfaatan teknologi yang lebih luas, agar pengembangan UMKM di wilayah tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan dan lebih produktif Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan UMKM, Tim Dosen Universitas Telkom yang dibantu mahasiswa menyelenggarakan pelatihan penggunaan WhatsApp Business bagi pelaku UMKM di Desa Serayu Larangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mencakup penyampaian materi secara teoritis yang dilanjutkan dengan praktek langsung. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka bersama para 14 peserta, yaitu pelaku UMKM di Desa Serayu Larangan, Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha dalam mengelola bisnis secara lebih efisien melalui pemanfaatan teknologi komunikasi yang mudah diakses. Hasil dari kegiatan pelatihan ini membuktikan penerapan teknologi sederhana yaitu WhatsApp Business dapat membantu dalam memperluas pasar dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Pelatihan ini, berhasil meningkatkan pengetahuan peserta yaitu penjual/pelaku UMKM baik secara teori maupun praktik dalam penggunaan WhatsApp Business. Hasil survey tingkat kepuasan dari peserta penjual/pelaku UMKM adalah 92,50%. Hasil persentase ini dapat dinyatakan bahwa Pengabdian Masyarakat ini berjalan dengan baik dan memuaskan
References
Azmen Kahar, Rika Septrizarty, Asrul Mulyadin, Meci Nilam Sari, & Dabitha Wise Maliha. (2022). Meningkatkan Gairah Usaha Kecil Dan Menengah (Umkm) Dengan Perantara Eksternal Dan Mengembangkan Potensi Internal. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4427–4434. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2992
Eka Hartati, Q., Khoiril Mala, I., & Author, C. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(2), 2621–119.
Ferdian, M., Laila, R., & Muzdalifah, L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan WhatsApp Business Dan Go-Food Bagi Umkm. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1870–1875. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.411
Margareta, S., & Rochmania, A. (2024). Pendampingan penggunaan fitur WhatsApp Business sebagai pendukung promosi penjualan UMKM di kabupaten Sidoarjo. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 253–261.
Reggina Wike Anjani. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4
Sari, M. N. (2025). Implementasi Strategi Digital Marketing Berbasis WhatsApp Business pada UMKM Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi Keuaangan Bisnis Digital, 4, 137–144.
Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., Eviyanti, N., & Mangunharjo, K. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital. Community, 4(4), 8667–8673.
Shafira Nur Isnaeni, Augustin Rina Herawati, T. A. (2019). Efektivitas Program Tuka-Tuku Purbalingga dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga. Journal of Public Policy and Management Review, 11(1), 1–14.
Sirodjudin, M., & Sudarmiatin. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 20–35.
Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan WhatsApp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56
Tri Romadloni, N., Dwi Septiyanti, N., & Ayatulloh Khomeini Noor Bintang, R. (2023). Optimasi Penggunaan WhatsApp Business Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk Usaha Anggota PKK. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1705
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Teknologi dan Sistem Informasi (PETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.