Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Menggunakan Metode Pieces
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v3i2.2563Keywords:
Metode PIECES, Kepuasan Pengguna, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)Abstract
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) merupakan website yang digunakan untuk mengumpulkan maupun membantu masyarakat menyampaikan permohonan informasi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, website PPID ini belum pernah dilakukan pengukuran kepuasan pengguna, sehingga website ini masih belum diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap pengguna website. Oleh karena itu, dilakukan pengukuran tingkat kepuasan menggunkan metode PIECES untuk mengetahui kepuasan pengguna. Hasil analisis perhitungan PIECES dalam pengukuran tingkat kepuasan pengguna website PPID semua variabel mendapatkan keterangan predikat Puas. Namun pada variabel Efficiency mendapatkan nilai rata-rata yang nilainya lebih kecil dari keenam variabel yaitu hanya sebesar 3,77, pada variabel Economic memiliki predikat tertinggi dari keenam variabel yaitu mencapai sebesar 4,13. Variabel Control mendapatkan nilai 4.00 Sedangkan untuk variabel Performance dan Information mendapat nilai rata-rata yang sama yaitu 4.01 dan pada variabel Service dengan nilai rata-rata kepuasan sebesar 4.11. Dari hasil penelitian ini memerlukan sedikit perbaikan dan peningkatan pada desain fitur-fitur yang terdapat pada website agar website lebih maksimal.
References
Diskominfo. (2022). Tugas dan Fungsi PPID. PPID Kota Samarinda. https://ppid.samarindakota.go.id/profil/tugas-dan-fungsi
Dwi, A., Sari, P., Widayanti, S., & Soedarto, T. (2021). Tingkat Kepuasan Gofood Partner Terhadap Sistem Kemitraan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(3), 669–679. https://doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5421
Junaedi, N. (2018). Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 1(2), 59–67. https://doi.org/10.25273/research.v1i02.3364
Khusna, I. H., & Sugiharto, U. (2018). Peran PPID Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 4(1), 17–55. https://doi.org/10.52447/promedia.v4i1.1114
Maskhuliah, P., Rimosan, N. B. A., Maimanah, I., Prawati, D., Rahmadani, N., & Nisa, M. M. K. (2025). Konsep Dasar Pengukuran Dan Skala Dalam Penelitian Manajemen Pendidikan: Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 02(01), 565–572. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/article/view/991/
Nengsih, Y. G. (2022). Penerapan Metode Pieces Dalam Analisis Kinerja Website Lindungi Hutan. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(4), 938–943. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i4.4608
Nurhayati, S., Sucahyo, N., & Selawati. (2021). Penerapan metode pieces dalam pengembangan sistem e-commerce penjualan produk komputer. Jurnal Rekayasa Informasi Swafharma (JRIS), 1(1), 34–39. https://doi.org/10.56486/jris.vol1no1.63
Priyadi, W., & Marleen, O. (2020). Analisis Website Menggunakan Metode PIECES di PT Majapahit Teknologi Nusantara. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(4), 575–588. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.4.335
Rahmadi, N. (2022). Sejarah Dinas. Diskominfo Samarinda Kota. https://diskominfo.samarindakota.go.id/laman/sejarah-dinas
Sari, A. D. P., Widayanti, S., & Soedarto, T. (2021). Tingkat Kepuasan Gofood Partner Terhadap Sistem Kemitraan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Surabaya. AGROINFO GALUH JURNAL Ilmiah Mahasiswa, 8(3), 23–28. https://doi.org/10.25157/jimag.v8i3.5421
Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Uin Jakarta). INFOTEKJAR:Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(2), 308–313. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3349
Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan SPT Pajak. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Informatika, 4, 303–309. https://ojs3-jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1476
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







