Analisis Kepuasan Pengguna Website Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Pieces (Performance, Information, Economics, Control dan Security, Efficiency, Service)

Authors

  • Resy Meilinda Mukhadharoh Universitas Mulawarman
  • Muhammad Labib Jundillah Universitas Mulawarman
  • Islamiyah Islamiyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.832

Keywords:

Satisfaction, PIECES, Likert scales, Website, Questionnaires

Abstract

Website Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) merupakan website pemerintah yang dapat membantu mahasiswa dan siswa untuk mengetahui informasi beasiswa yang ada dan dapat melihat persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengikuti seleksi beasiswa. serta untuk membantu putra-putri kaltim untuk menyelesaikan pendidikan hingga selesai dengan pemberian beasiswa sesuai persyaratan dan ketentuan dari pihak peyelenggara beasiswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website Beasiswa Kaltim dengan menggunakan 6 variable, penulis menganalisa website menggunakan metode PIECES, yaitu sebuah metode dengan 6 variabel yaitu Kinerja, Informasi, Ekonomi, Pengendalian dan Keamanan, Efisiensi, dan Layanan. Saat melakukan analisis sistem dilakukan dengan pemodelan analitis dan Pengumpulan data menggunakan kuesioner, untuk menghitung data menggunakan skala Likert dan menentukan rata-rata tingkat kepuasan. serta dilakukan pengujian indikator pertanyaan untuk mengetahui kevalidan dan realiabel suatu pertanyaan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan total skor rata-rata keseluruhan 3,98 predikat PUAS. Maka dapat disimpulkan bahwa website Beasiswa Kalimantan (BKT) mampu memuaskan pengguna.

References

Ar-Rasyid, T. Y. R., Hanggara, B. T., & Rachmadi, A. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 2308–2317.

Canta, D. S. (2019). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Grab Customer dengan Menggunakan PIECES Framework Pada UKM IT. Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 19–23.

Canta, D. S., & Hadisaputro, E. L. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Dalam Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Livin by Mandiri. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 404–410.

Cindi Wulandari, Elmayati, Y. C. (2020). Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework Pieces. Jurnal Teknologi Informasi, 12(02), 118–130.

Darwati, L. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 34–42.

Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136.

Filbert Alexander Tejokusuma, Husni Angriani, A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Tierra Menggunakan Metode Pieces Framework. Jurnal Kharisma Tech, 17(02), 157–171.

Huda, N. (2021). Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Sisfokom, 10, 155–161.

Indrawati, I., Lestari, P., Belluano, L., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. R., & Lantara, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. Ilkom (Jurnal Ilmiah), 11(28), 118–128.

Lukman hakim, T. P. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website Stkip Pgri Lubuklinggau Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, IX, 26–36.

M, N. A., Utamajaya, J. N., & Canta, D. S. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa STMIK Borneo Internasional Balikpapan Pada Website SIMAK Menggunakan PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 485–492.

Made, N., Aditya, B., Nashar, J., & Jaya, U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 325–332.

Nurmiati, E. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Whatsapp Sebagai Media. Jurnal Teknologi, 14(1), 61-68.

Pangri, M., Sunardi, S., & Umar, R. (2021). Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 63–72.

Purwanto, A. T., Vantika, D. V., & Madiun, U. P. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Website Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Dengan Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Artikel 111–118.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65.

Sakir, N., Nashar, J., Jaya, U., & Wahyuni, N. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Seabank di Balikpapan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 344–351.

Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework ( Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta ). Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi, 5(2), 1–6.

Sayyidah ‘Aisy Farikhah, P. N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir. Jurnal Sistem Informasi, 14, 1–10.

Setyaningsih, E., Ismawan, E., & Hidayat, T. (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Maxim di Balikpapan. Jurnal Sistem Informasi, 33–38.

Swarjana, I. K. (2022). Pengolahan Dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi Spss. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran , 4(1), 3–12.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2), 531–540.

Utamajaya, J. N. (2022a). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Lazada Masyarakat Penajam Menggunakan Metode Pieces Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 464–471.

Utamajaya, J. N. (2022b). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Aplikasi Jamride Penajam Paser Utara Menggunakan Metode PIECES. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 359–366.

Wira, D., Putra, T., Bulkis, H., Mandarani, P., Syahrani, A., & Teknik, F. (2021). Metode Pieces Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Portal Akademik. Jurnal Sains dan Teknologi. 21(1), 50–57.

Anggara, R., Adha Oktarini Saputri, N., Raya Jenderal Ahmad Yani No, J., & Sumatera Selatan, P. (2022). Implementasi Metode Weighted Product Dalam Membantu Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa Pada SMK Amanah Uwung Tangerang. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 14(2-b), 423–432.

Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 522.

Fitrah, N., Muawwal, A., & Informasi, S. (2022). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Website Gepo Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Kharisma Tech, 17(2), 172–183.

Junaedi, N. (2018). Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces. Research : Computer, Information System & Technology Management, 1(2), 59.

Rizki, F., & Hidayat, A. T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Uji Plagiasi Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Fido Rizki, 7(2), 104–113.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Mukhadharoh, R. M., Jundillah, M. L., & Islamiyah, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Website Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) Pada Mahasiswa Menggunakan Metode Pieces (Performance, Information, Economics, Control dan Security, Efficiency, Service). Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 1(2), 75–83. https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.832