Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kernel Losses Dengan Menerapkan Metode Statistical Procces Control (SPC)

(Studi Kasus: PT. X)

Authors

  • Nur Aqsan Syarif
  • Anggriani Profita Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jatri.v1i2.883

Keywords:

diagram tulang ikan, kelapa sawit, pengendalian proses statistik

Abstract

PT. X merupakan perusahaan manufaktur yang mengolah bahan baku kelapa sawit untuk dijadikan minyak, dalam perusahaan pengolahan sawit tidak hanya daging sawit yang diolah melaikan inti dari buah itu sendiri, beberapa masalah yang terjadi pada PT. X yaitu sering terjadi kehilangan inti sawit pada saat pengolahan, sehingga dapat mengurangi keuntungan. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan perbaikan untuk mencegah terjadinya kehilangan inti sawit, salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu penggunaan metode Statistical Procces Contol yang berfungsi untuk mengontrol pengolahan perusahaan selalu. Dalam penelitian ini data yang digunakan merupakan data olahan dari perusahaan berdasarkan mesin olah inti sawit yang digunakan. Terdapat 4 metode pengolahan inti kelapa sawit. Pengolahan inti sawit dimulai dari fybre cyclone, light tenera dry separator 1, light tenera dry separator 2 dan hydro cyclone, data-data berdasarkan hasil olahan kemudian berdasarkan diselesaikan dengan menggunakan tools yang ada pada metode Statistical Procces Contol. Berdasarkan hasil pengolahan diketahui terapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kehilangan inti sawit. Dari hasil pengolahan data dengan digram fishbone diketahui penyebab masalah berdasarkan beberapa faktor. Faktor manusia (man) yaitu Kurangnya ketelitian, dari faktor metode (method) pergantian air tidak teratur, air yang tidak diganti secara rutin, dari faktor material (material) diameter nut tidak sama, ukuran nut yang tidak seragam menyebakan hasil pemecahan akan menyebabkan kernel ikut terbuang, dari faktor mesin (machine) yaitu kurangnya perawatan, dan dari faktor lingkungan (Environment) yaitu bising, tingkat kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi konsentrasi dan serta komunikasi pekerja sehingga pekerjaan kurang maksimal dan juga lokasi yang sempit.ww

References

Ashasry, Y. N., Kusnadi, K., Nugraha, A. E., & Hamdani, H. (2021). Usulan perbaikan kualitas produk benang combed dengan metode statistik peta kendali x dan r. Journal Industrial Servicess, 7(1), 145.

Haryanto, E. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknik, 8(1).

Hendrawan, D., Wirawati, M., & Wijaya, H. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Boning Sapi Wagyu Menggunakan Statistical Quality Control (Sqc) Di Pt. Santosa Agrindo. Journal Industrial Engineering & Management Research( Jiemar), 1(2), 2722–8878.

Parinduri, L., Hasibuan, A., & ... (2021). Evaluasi Kehilangan Minyak Pada Proses Pengolahan Crude Palm Oil Dengan Metode Statistical Process Control. Seminar Nasional Teknik, 95–99.

Shofia, A., Ainurrohmah, F., & Hatiningrum, W. R. (2021). Analisis Jenis Kelapa Sawit Terhadap Hasil Crude Palm Oil di Aceh Tamiang. Sntem, 1, 38–46.

Sibuea, S. R., AK, W. N., & Hasibuan, J. A. (2022). Analisa Kehilangan Minyak Sawit pada Ampas Pengolahan Dengan Metode Statistical Process Control. Buletin Utama Teknik, 17(2), 188–196.

Downloads

Published

23-11-2023

How to Cite

Syarif, N. A., & Profita, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kernel Losses Dengan Menerapkan Metode Statistical Procces Control (SPC): (Studi Kasus: PT. X). Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(2), 11–23. https://doi.org/10.30872/jatri.v1i2.883