Perancangan Strategi Pemasaran Produk Parfum Brand Y Melalui Tiktok Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan

Authors

  • Saleha Mulawarman University image/svg+xml
  • Dutho Suh Utomo
  • La Ode Ahmad Safar Tosungku

DOI:

https://doi.org/10.30872/fehqq255

Keywords:

Parfum, TikTok, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, QSPM

Abstract

Parfum Brand Y merupakan produk dari PT XYZ yang dipasarkan melalui platform TikTok. Namun, strategi pemasaran produk ini menghadapi tantangan seperti sulitnya mendeskripsikan aroma secara visual, lemahnya identitas merek, serta kendala dalam koordinasi dengan kreator konten. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat agar promosi parfum brand Y menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), yang dilakukan melalui tiga tahap: input, pencocokan, dan pengambilan keputusan.Pada tahap input, diperoleh skor Internal Factor Evaluation (IFE) sebesar 2,48 dan External Factor Evaluation (EFE) sebesar 2,76, yang menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam posisi strategi pertumbuhan. Berdasarkan Matriks IE, PT XYZ berada pada kuadran V, yang merekomendasikan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil serupa juga ditunjukkan oleh Grand Strategy Matrix, di mana perusahaan berada pada kuadran I, yang mendukung strategi pertumbuhan melalui penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Strategi-strategi tersebut kemudian dirumuskan menjadi 14 alternatif melalui analisis SWOT dan diprioritaskan menggunakan QSPM. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi sebesar 5,40 adalah mengoptimalkan kolaborasi dengan kreator berpengalaman melalui TikTok Shop dan Live Streaming. Strategi prioritas lainnya mencakup pengalokasian anggaran khusus untuk Spark Ads bersama kreator dengan ulasan autentik, pengembangan konten storytelling dan edukatif, evaluasi berkala terhadap performa kreator, serta inovasi desain dan ukuran produk. Strategi-strategi ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas promosi digital, membangun kepercayaan konsumen, serta memperkuat citra brand.

References

Aliami, S., Muslih, B., Zulistiani, & Sardanto, R. (2022). Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Pada Batik Tulis Ningrat Prasojo. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 67–78.

Ashar, Tosungku, L. O. A. S., & Sukmono, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus: Kebab Kota Raja Samarinda). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), 1–10.

Briskman, J. (2022, January 12). Sensor Tower’s Q4 2021 data digest: Worldwide app downloads totaled 36.1 billion last quarter. Sensor Tower. https://sensortower.com/blog/q4-2021-data-digest

David, F. R., & R, David. (2016). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keungulan Bersaing Edisi- 15. Salemba Empat.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Hayati, C. S., & Sudradjat, R. H. (2022). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 415–426.

Jenkins, R. (2017, August 2). 4 reasons Generation Z will be the most different generation. Inc. https://www.inc.com/ryan-jenkins/who-is-generation-z-4-big-ways-they-will-be-different.html

Kamal, Y. (2016). Study of Trend in Digital Marketing and Evolution of Digital Marketing Strategies. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(5), 5300–5302. https://doi.org/10.4010/2016.1298.

Kotler, P., & Keller, K., L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Erlangga.

Krisning Tyas, & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik Ie, Swot Dan Ahp Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–9.

Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (n.d.). Manajemen Pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta.

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1991). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Biometrics, 47(1), 347.

Muflikhata, F. W., & Fadly, W. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Skincare Herbal SR12. Journal of Economics, Law, and Humanities, 2(1), 79–94.

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.

Rahardjo, S., Tambunana, W., & Sukmono, Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pupuk NPK Pelangi untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. Journal Industrial Servicess, 7(2), 276–280.

Ridwan, M., Tosungku, L. O. A. S., & Pawitra, T. A. (2024). Designing a Marketing Strategy for Bawis Habati Fish Chips Using the Quantitative Strategic Planning Matrix ( QSPM ) Method. Indonesian Journal of Industrial Engineering & Management, 5(1), 303–313.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. Jsmb, 6(2), 2019–2068.

Sanjaya, V. F., Shelawati, D., Ghati, L., & Berama, B. (2020). Ife Efe Dan Grand Strategy Indsutri Kuliner. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 159.

Sari, I. D. O. (2019). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bisnis UD Sekar Jati Star Jombang. Jurnal Akuntansi Akunesa, 53(9), 1689–1699.

Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164–173.

Statista. (2024). Number of TikTok Users Worldwide from 2020 to 2025. Retrieved November 30, 2024, from Statista website: https://www.statista.com/statistics/1327116/number-of-global-tiktok-users/

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315– 330.

Tiktok. (2023). 2023 Trend Report: A New Era of Confidence (Indonesia). Jakarta: TikTok Indonesia.

Utami, L. R., & Sujarweni, V. W. (2020). Peran Lembaga Keuangan Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Di Kota Yogyakarta). Monex Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 9(1), 86–96.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Downloads

Published

09-09-2025

How to Cite

Perancangan Strategi Pemasaran Produk Parfum Brand Y Melalui Tiktok Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan. (2025). Jurnal Teknik Industri (JATRI), 3(2), 54-64. https://doi.org/10.30872/fehqq255

Most read articles by the same author(s)