Bauran pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan terhadap daerah pariwisata: systematic review
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.2513Keywords:
Bauran Pemasaran, wisatawan, pariwisataAbstract
Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variable. Review artikel merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penulisan ini dengan menggunakan pendekatan studi literature yang bersumber dari search Google Scholar. Artikel ini mereview bauran pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan terhadap daerah pariwisata. Hasil artikel literature review ini adalah minat kunjungan wisatawan terhadap daerah pariwisata dapat meningkat dengan dorongan 4 (empat) bauran pemasaran yaitu harga, produk/jasa, promosi, tempat
References
Angelina, G., Massie, J. D., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk the body shop di era pandemi (studi pada konsumen the body shop kota manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 208-219.
Asih, S., Umiyati, U., & Wulandari, S. (2022). Analisis Promotion, Product, Price, Dan Place Pada Destinasi Wisata Telaga Claket Wonogiri. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(2), 148-154.
Dewi, K. (2019). Pengaruh Produk Wisata Dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17(2), 90-102.
Gunawan, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, dan Promotion) Terhadap Brand Preference Pada J. Co Do-nuts & Coffee di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 9.
Hanief, L., Sari, N., & Hidayat, S. (2022). Optimalisasi Bauran Pemasaran dan Konten Kreatif Wisata Selanjung Sungai Biuku Banjarmasin. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(2), 229-234.
Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10. Tahun 2009...... Tentang Kepariwisataan.
Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25-37.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1&2.Jakarta: PT. Indeks.
Martoyo, A., Wiliani, N., & Basri, H. (2022). Strategi Promosi Desa Wisata Tanjungjaya Kek Tanjung Lesung Melalui Platform Digital. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 971-987.
Naibaho, D. N., & Nuswantara, B. (2023). Hubungan antara bauran pemasaran dengan minat kunjungan kembali wisatawan di agrowisata gunungsari kopeng kabupaten semarang. Ziraa'ah majalah ilmiah pertanian, 48(1), 1-12.
Oktaria, B. R. H., Hizmi, S., & Yakin, A. (2022). Strategi pemasaran paket wisata alam air terjun benang kelambu pt. Lirik lombok tours di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP), 2(1), 35-43.
Prayogi, I. B., & Bhaskara, G. I. (2022). Bauran Pemasaran Wana Wisata Coban Putri, Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kota Batu, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2430-2437.
Purbohastuti, A. W. (2021). The marketing mix effectiveness on indomaret's consumer purchase decision. Sains Manajemen, 7(1), 1-17.
Sejahtri, J. T. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pada Pemandian Serayu Lestari Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3), 228-236.
Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Tunisya, A. F., Safitri, D., & Nila, N. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Wisatawanyang Berkunjung ke DesaWisataBatulayang Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6611-6620.
Wibisono, N., Setiawati, L., & Putri, S. R. S. U. (2020). Model pengembangan destinasi pariwisata pedesaan studi kasus: Desa Wisata Gambung Mekarsari. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(1), 34-43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rena Ria Zalukhu, Pantas H. Silaban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.