Unique Selling Proposition Berdasar Persepsi Masyarakat Sebagai Pendekatan Dalam Menggali Potensi Objek Wisata Negeri Kahyangan, Magelang
DOI:
https://doi.org/10.30872/transform.v2i1.515Keywords:
unique selling proposition, daya tarik wisata, Negeri KahyanganAbstract
Pengembangan objek wisata Negeri Kahyangan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Magelang, dan meningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumen yang terkait dengan obyek penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa potensi daya tarik alam, budaya, dan buatan manusia yang memiliki nilai unique selling proposition di Negeri Kahyangan berdasarkan persepsi masyarakat. Untuk daya tarik wisata alam ditemukan adanya potensi pemandangan, lahan perkebunan, kuliner sebagai olahan budidaya alam, ruang jalan dengan pemandangan alam, embung dan umbul. Untuk potensi daya tarik budaya ditemukan adanya potensi kesenian tradisional, kerajinan masyarakat, aktivitas kebudayaan, rumah kesenian, dan area workshop. Untuk potensi daya tarik butan manusia ditemukan adanya potensi jembatan kaca, spot foto, jembatan kaca sebagai akses menuju embung dan umbul, serta amenitas berupa glamping. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi pengembangan objek wisata Negeri Kahyangan, Magelang.