Pengaruh SFH (School from Home) Terhadap Transformasi Ruang Domestik, Wilayah : Kalimantan Timur

Authors

  • Achmad Ricky Zulfahmiddin Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB
  • Indah Widiastuti Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB

DOI:

https://doi.org/10.30872/transform.v1i2.370

Keywords:

kejenuhan, domestik, SFH

Abstract

Sejak diberlakukannya praktik SFH, segala aktifitas sekolah dipindahkan ke dalam wilayah domestik sehingga menghambat seluruh bentuk aktualisasi potensi diri pada remaja. Praktik ini menimbulkan kejenuhan terhadap ekesistensi kedirian manusia, sehingga konsekuen dengan lahirnya kreasi-kreasi siswa/mahasiswa remaja terhadap ruang-ruang dalam unit domestik terkait sosial dan tempat yang ditandai dengan bermunculannya benda-benda baru dalam rumah. Interaksi dengan benda sebagai perangkat non-teknis meningkat, yang menjembatani siswa/mahasiswa remaja dengan konstelasi sosial di luar unit domestiknya. Namun bersamaan situasi ini mengesampingkan kehendak manusia dalam membanjirnya seluruh pilihan yang menuntut munculnya ragam ruang baru dalam unit domestik, serta bergesernya escapespace pada unit domestik.

Downloads

Published

19-12-2022

How to Cite

Zulfahmiddin, A. R., & Widiastuti, I. (2022). Pengaruh SFH (School from Home) Terhadap Transformasi Ruang Domestik, Wilayah : Kalimantan Timur. TRANSFORM: Journal of Tropical Architecture and Sustainable Urban Science, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.30872/transform.v1i2.370

Issue

Section

Articles