Pendekatan Metode User-Centered Design (UCD) dan System Usability Scale (SUS) dalam Re-Design Proses Pemesanan Makanan pada Aplikasi Maxim

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ririn Yuliani Azahra Zardan Universitas Mulawarman
  • Trisna Aprilia Universitas Mulawarman
  • Aqiyah Zulqiyah Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rivani Ibrahim Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/kretisi.v2i2.2102

Keywords:

Redesign, User-Centered Design, System Usability Scale, Pengalaman Pengguna

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Redesign antarmuka pemesanan makanan pada aplikasi Maxim, dengan tujuan meningkatkan pengalaman pengguna melalui pendekatan desain yang lebih intuitif dan mudah digunakan. Sebagai salah satu platform yang memiliki fitur pemesanan makanan secara online, antarmuka aplikasi Maxim masih memiliki beberapa kekurangan yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada antarmuka pemesanan makanan di aplikasi Maxim melalui pendekatan User-Centered Design (UCD) dan evaluasi usabilitas menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Proses desain dimulai dengan menganalisis kebutuhan pengguna serta mengidentifikasi masalah yang ada pada antarmuka sebelumnya, seperti navigasi yang rumit dan kurangnya elemen visual yang mendukung. Desain ulang pada antarmuka kemudian dilakukan dengan fokus pada penyederhanaan alur navigasi, peningkatan visualisasi, serta penyusunan elemen antarmuka yang lebih intuitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain ulang yang diterapkan pada aplikasi Maxim berhasil memperbaiki navigasi, visualisasi, serta kemudahan penggunaan, yang pada akhirnya meningkatkan tingkat kepuasan pengguna. Evaluasi menggunakan metode SUS menghasilkan skor 82,55, yang termasuk dalam kategori excellent dengan grade B dan dapat dikategorikan sebagai acceptable. Hasil ini menunjukkan bahwa desain ulang antarmuka pemesanan makanan pada aplikasi Maxim diterima dengan baik oleh pengguna, serta memberikan pengalaman yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan aplikasi yang lebih user-friendly, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing aplikasi Maxim di pasar layanan pemesanan makanan online.

References

Aji, H. P., & Rochmah, N. (2020). Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS. Jurnal Buana Informatika, 11(1), 63–73. https://doi.org/10.24002/jbi.v11i1.2502

Anggoro, A., & Mailingkay B. L, A. (2021). Perancangan UI/ UX Aplikasi Android Online Monitoring Kualitas Air (ONLIMO) Di BPPT Menggunakan Metode User Centered Design. Prosiding Seminar Nasional, 1, 24–26. https://journal.perbanas.id/index.php/psn/article/view/385/

Ayu Gede Rishma Wiwin Astari, I., & Tri Anindia Putra, I. N. (2021). Analisis Sistem Informasi Kemdikbud Studi Kasus Pada SD Negeri 2 Dawan Klod Menggunakan Metode SUS. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.33387/jiko.v4i1.2378

Aziz, F., Saputri, D. U. E., Khasanah, N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan). Jurnal Infortech, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15156

Dian Nathasia, N., & Soepriyono, G. (2023). Sistem Informasi Pariwisata Bali Berbasis Website dengan Metode User Centered Design. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 287–293. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jti

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: A Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

Frigola, G. (2021). User-centred design & other frameworks. Medium. https://medium.com/@genis.hti/user-centred-design-other-frameworks-e89c492a9f6c

Kumoro, D. T., & Ardhana, V. Y. P. (2023). Perancangan Antarmuka Aplikasi Mobile SIM UNIQHBA Menggunakan Metode User-Centered Design UCD. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.47065/tin.v4i2.4171

Rahma Fahriyah, D., Ikasari, D., & Widiastuti. (2024). Implementasi Re-design Application Mobile MRT Jakarta Menggunakan Metode User Centered Design. Journal of Applied Computer Science and Technology, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.52158/jacost.v5i1.812

Winiyaah, A., & Patria, M. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada PAUD Tunas Mawar Menggunakan Metode Waterfall Dan Evaluasi Usability Dengan System Usability Scale. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (Jinteks), 6(3), 411–420. https://doi.org/10.51401/jinteks.v6i3.4340

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Azahra Zardan, R. Y., Aprilia, T., Zulqiyah, A., & Muhammad Rivani, I. (2024). Pendekatan Metode User-Centered Design (UCD) dan System Usability Scale (SUS) dalam Re-Design Proses Pemesanan Makanan pada Aplikasi Maxim: Bahasa Indonesia. Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 2(2), 01–07. https://doi.org/10.30872/kretisi.v2i2.2102