Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Bintang 3 di Samarinda dengan Mediasi Servicescape
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmtk.v1i1.802Keywords:
Experiential Marketing, Loyalitas Pelanggan, Mediasi ServicescapeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Experiential Marketing (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan Mediasi Servicescape (Z) pada hotel berbintang 3 di Samarinda. Jenis datanya adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Berdasarkan uji analisis jalur, hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dari experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui servicescape diperoleh hasil bahwa pengaruh langsung lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsung. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,276, hal ini menujukan bahwa 27,6% besarnya loyalitas pelanggan pada Hotel berbintang 3 di Samarinda dipengaruhi oleh variabel bebas yang terdiri dari experiential marketing, servicescape. Sedangkan sisanya sebesar72,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.