Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Bintang 3 di Samarinda dengan Mediasi Servicescape

Authors

  • Nurul Aini Universitas Mulawarman
  • Saida Zainurossalamia ZA Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rivani Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jmtk.v1i1.802

Keywords:

Experiential Marketing, Loyalitas Pelanggan, Mediasi Servicescape

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Experiential Marketing (X) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan Mediasi Servicescape (Z) pada hotel berbintang 3 di Samarinda. Jenis datanya adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Berdasarkan uji analisis jalur, hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dari experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui servicescape diperoleh hasil bahwa pengaruh langsung lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsung. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,276, hal ini menujukan bahwa 27,6% besarnya loyalitas pelanggan pada Hotel berbintang 3 di Samarinda dipengaruhi oleh variabel bebas yang terdiri dari experiential marketing, servicescape. Sedangkan sisanya sebesar72,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

References

Andreani, F. (2007). Experiential marketing (Sebuah Pendekatan Marketing), Jurnal Manajemen Pemasaran, VOL. 2, NO. 1.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
Hasan, A. 2009. Marketing. Yogyakarta: Medpress
Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. dan K.L. Keller (2009). ManajemenPemasaran. Edisi12. Jilid 1 dan 11. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. 13 th edition Pearson education International Inc.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pamasaran Jasa (Teori dan Praktik). Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat
Mawarni, Bunga. Pengaruh Servicescape dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Klinik Bersalini, Banjar
Rini, E.S. (2009). Menciptakan pengalaman konsumen dengan experimental marketing,Jurnal Manajemen dan Bisnis. VOL.2, NO.1
Sejahtera, N.H. 2010. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Trisno, Musanto. 2004. Faktor-Faktor Kepuasan dan Loyalitas :Studi Kasus pada CV Sarana Media Advertising Surabaya.Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol.6, No. 2. Universitas Kristen Petra.
Wibowo, Lili A. 2004. Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Value, terhadap Loyalitas Café dan Resto di Kawasan Cihideung Lembang Bandung. Jurnal Strategic Program Pendidikan Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.
Yulianto, A. 2010. Dampak Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Resort Kam-poeng Legok Lembang,

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Aini, N., ZA, S. Z., & Rivani, M. (2023). Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Bintang 3 di Samarinda dengan Mediasi Servicescape. Jurnal Manajemen Tenaga Kependidikan, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.30872/jmtk.v1i1.802

Issue

Section

Articles