iNews' News Research and Development Strategy to Increase Ratings and Shares on the iNews Afternoon Program
DOI:
https://doi.org/10.30872/j0xsgg18Keywords:
Rating dan share, Research and development, Agenda Setting, TelevisiAbstract
Penelitian ini meneliti strategi news research and development (RnD) iNews TV dalam meningkatkan rating dan share program iNews Sore. Semakin tinggi rating dan share suatu program, semakin besar pula peluang bagi stasiun televisi untuk mendapatkan sponsor dengan nilai kontrak lebih besar dan dengan harga yang tinggi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dan hambatan news research and development dalam meningkatkan rating dan share pada program iNews sore. Dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, partisipasi aktif, dan studi pustaka ditemukan lima strategi kunci yaitu: (1) pemantauan dan pemetaan konten Minute by Minute, (2) analisis data rating dan share untuk evaluasi program, (3) identifikasi preferensi audiens berbasis data performa, (4) penyusunan agenda setting mingguan, dan (5) penyesuaian durasi tayangan. Implementasi strategi ini berkontribusi pada peningkatan kualitas konten dan daya tarik program. Namun, efektivitasnya terkendala oleh tiga hambatan utama yaitu keterbatasan akses data Nielsen (cakupan dan frekuensi), minimnya pemanfaatan teknologi analitik (seperti AI), serta kesulitan mengakses narasumber prioritas (A1). Temuan penelitian menggarisbawahi perlunya inovasi teknologi untuk otomatisasi pemantauan konten dan kolaborasi dengan pihak eksternal guna memperluas akses data.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novi Karyanti, Guruh Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








