Measuring Gen Z Lifestyle with Digital Media Literacy
DOI:
https://doi.org/10.30872/ax98p788Keywords:
Literasi Media Digital, Gen Z, Gaya HidupAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Apakah terdapat Asosiasi Literasi Media Digital TikTok terhadap Lifestyle Gen-Z di Kota Makassar? (2) Berapa besar Asosiasi Literasi Media Digital TikTok terhadap Lifestyle Gen-Z di Kota Makassar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket), dokumentasi dan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 400 orang yang ditentukan dengan rumus slovin dengan margin of error 5%. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat asosiasi positif dan signifikan, berdasarkan uji t (parsial) yang dilakukan, nilai t hitung sebesar 11,870 > 2,249 t tabel dan nilai sig 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. (2) Variabel Literasi Media Digital TikTok berasosiasi sebesar 26,1% dalam variabel Lifestyle Gen-Z.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Putri Ridhwan, Andriansyah Andriansyah, Pramudita Budi Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








