Measuring Gen Z Lifestyle with Digital Media Literacy

Authors

  • Salsabila Putri Ridhwan Makassar Islam University
  • Andriansyah Andriansyah Makassar Islam University
  • Pramudita Budi Rahayu Makassar Islam University

DOI:

https://doi.org/10.30872/ax98p788

Keywords:

Literasi Media Digital, Gen Z, Gaya Hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Apakah terdapat Asosiasi Literasi Media Digital TikTok terhadap Lifestyle Gen-Z di Kota Makassar? (2) Berapa besar Asosiasi Literasi Media Digital TikTok terhadap Lifestyle Gen-Z di Kota Makassar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket), dokumentasi dan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 400 orang yang ditentukan dengan rumus slovin dengan margin of error 5%. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat asosiasi positif dan signifikan, berdasarkan uji t (parsial) yang dilakukan, nilai t hitung sebesar 11,870 > 2,249 t tabel dan nilai sig 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. (2) Variabel Literasi Media Digital TikTok berasosiasi sebesar 26,1% dalam variabel Lifestyle Gen-Z.

Downloads

Published

10-11-2025

Issue

Section

Articles