Pengaruh Penggunaan Tiktok Sebagai Media Sosial Terhadap Fokus Belajar Dan Produktivitas Mahasiswa The Influence Of Using Tiktok As Social Media On Student Focus And Productivity
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsekuensi yang ditimbulkan oleh penggunaan platform media sosial TikTok terhadap kemampuan siswa dalam memusatkan perhatian pada belajar serta tingkat produktivitas mereka. Di zaman digital yang semakin berkembang, media sosial telah menjadi elemen yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari- hari, termasuk dalam lingkungan pendidikan. Namun, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat memengaruhi konsentrasi dan kinerja akademik mahasiswa. Metode penelitian ini melibatkan survei dan wawancara dengan sampel mahasiswa dari mahasiswa sosiologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggaris bawahi perlunya kesadaran dan pengelolaan yang baik terhadap penggunaan TikTok dalam konteks pendidikan. Mahasiswa perlu menyadari pentingnya mengatur waktu dan menentukan batasan dalam penggunaan media sosial. Institusi pendidikan juga perlu memberikan pedoman dan dukungan yang tepat untuk membantu mahasiswa mengembangkan kebiasaan belajar yang sehat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.