Kompas.id News Platform Business Network in Review of the Political Economy of Digital Media Jejaring Bisnis Platform Berita Kompas.id dalam Tinjauan Ekonomi Politik Media Digital
Main Article Content
Abstract
Transformasi media digital telah membawa perubahan serius dalam iklim industri media massa secara global. Hadirnya beragam platform digital berimplikasi pada strategi dan kebijakan media massa untuk menyesuaikan diri dengan ekosistem digital demi menjaga keberlangsungan perusahaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deksrptif dengan menggunakan metode studi pustaka yang berparadigma kritis dengan tujuan untuk menelusuri dan memahami bagaimana strategi bisnis yang dijalankan oleh platform berita kompas.id dalam tinjauan ekonomi politik media digital. Objek penelitian dari artikel ini adalah platform berita kompas.id yang merupakan bagian dari bisnis perusahaan media massa Kompas. Kesimpulan dari penelitian ini yakni platform berita kompas.id sebagaimana dalam tinjauan ekonomi politik Vincent Mosco telah menerapkan stategi ekonomi politik komunikasi digital antara lain komodifikasi, spasialisasi, dan struktrasi. Harian Kompas selaku salah satu perusahaan media massa nasional dalam menyambut era disrupsi dan digitalisasi tidak lagi mengandalkan pemasukan dari penjualan surat kabar secara fisik. Namun melalui segenap langkah konvergensi media, perusahaan media ini telah mengembangkan ekspansinya dengan berbagai produk dan jasa yang ditawarkan lewat platform kompas.id. Strategi ini merupakan upaya dari perusahaan media Kompas untuk bertahan di era disrupsi digital dengan cara mengembangkan dan membentuk jejaring bisnis media di berbagai sektor yang telah melintasi beragam batas ruang dan waktu.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.