The Impact of the Folkative Instagram Account in Fulfilling the Information Needs of Unisnu Jepara Islamic Communication and Broadcasting Students

Dampak Akun Instagram Folkative Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Unisnu Jepara

Authors

  • Vera Mufti Hasanah Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Khoirul Muslimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jasima.v5i1.1321

Keywords:

instagram, kebutuhan informasi

Abstract

Instagram saat ini merupakan media yang palng sering digunakan oleh mahasiwa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara untuk mencari informasi. Hal tersebut juga didukung dengan adanya survei penggunaan internet dan penggunaan media sosial yang terus meningkat di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan akun intagram @Folkative terhadap pemenuhan kebutuhan mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Media Dependency dan kebutuhan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menguji data yang diperoleh melalui kuesioner dan diolah sesuai dengan uji yang diperlukan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 79 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel penggunaan akun nstagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Didapatkan perolehan nilai t hitung > t tabel (8,519>1,991), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel X (penggunaan akun instagram) memberikan pengaruh terhadap variabel Y (pemenuhan kebuuhan informasi) sebesar 48,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh ftor lain yang tidak terdapat dalam peneltian.

Downloads

Published

10-08-2024

Issue

Section

Articles