Marketing Communication And Consumer Satisfaction With Salsha Dara Crispy Anchovy Processed Fishery Products In Samarinda KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN PERIKANAN TERI CRISPY SALSHA DARA DI SAMARINDA

Main Article Content

Rhessa Hendra Saputra
erwiantono
Heru Susilo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen, komunikasi pemasaran, tingkat kepuasan konsumen dan strategi pengembangan produk terhadap atribut teri crispy Salsha Dara. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2023 di Kota Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Metode pengolahan data yang digunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performace Analysis (IPA). Karakteristik responden menunjukkan bahwa berusia 17-25 tahun sebagian besar dengan jenis kelamin perempuan yang sebagian berstatus belum menikah dan status pekerjaan pegawai swasta dengan tingkat pendidikan akhir SMA/SMK. Hasil pada CSI menunjukkan tingkat kepuasan konsumen sebesar 87.25% yang berarti konsumen merasakan sangat puas. Hasil analisis IPA menunjukkan atribut yang menjadi prioritas diperbaiki yaitu harga dan penyelesaian keluhan, sedangkan untuk strategi pengembangan berdasarkan pada hasil importance dan performance adalah waktu atau jam operasional, harga, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, rumah produksi atau toko menyediakan kotak suara, tersedia keluhan atau pengaduan secara online, pengaduan secara langsung, penyelesaian keluhan, dan perangkat elektronik sebagai media promosi atau penjual.

Article Details

Section
Articles