Peningkatan Literasi Statistika Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Edukasi Interaktif di SDN 006 Kaliorang

Authors

  • Margaretha Stvany Mbu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman
  • Adriani Adriani Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman
  • Dhella Ayu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman
  • Isdamayanti Isdamayanti Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman
  • Kebat Wicaksono Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Resty Sarawa Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman
  • Nissa Apriliani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32522/abdiku.v3i2.2928

Keywords:

Literasi Statistika, Sekolah Dasar, Edukasi, KKN, Kutai Timur

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi statistika dasar pada siswa kelas VI di SD Negeri 006 Kaliorang, Kutai Timur. Literasi statistika merupakan kemampuan penting yang perlu ditanamkan sejak dini guna mendukung keterampilan berpikir kritis dan analitis. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pemberian pretest, penyampaian materi, diskusi interaktif, praktik soal, serta evaluasi pasca kegiatan. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep dasar statistika, seperti pengumpulan, penyajian, dan pembacaan data. Antusiasme siswa yang tinggi selama kegiatan juga menjadi indikator keberhasilan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat pemahaman numerasi siswa, tetapi juga mendorong rasa ingin tahu serta partisipasi aktif dalam pembelajaran. Program ini diharapkan menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa dalam rangka mendukung kurikulum literasi numerasi di tingkat pendidikan dasar.

References

Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi statistik dalam pembelajaran matematika SD melalui kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454-1466.

Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan media games education dalam pembelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 215-226.

Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar statistika pendidikan: Teori dan aplikasi. Deepublish.

Musbikin, I. (2021). Penguatan karakter gemar membaca, integritas dan rasa ingin tahu. Nusamedia.

Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114–128.

Rahimallah, M. T. A., Saputra, A. N., Khaldun, R. I., Amiruddin, A., & Utami, A. N. F. (2022). Dasar-dasar statistik sosial. CV. Literasi Indonesia.

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika penelitian pendidikan: Analisis perhitungan matematis dan aplikasi SPSS. Prenada Media.

Rivai, S., & Mohamad, F. D. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV sekolah dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 685–712.

Sudarso, S., Pebrianggara, A., Pramesti, F. A., Sabrina, F. A., Sulistyono, E. S., Pramesuari, I. F., & Rendianto, F. A. (2023). Peningkatan literasi dan numerasi siswa: Menggabungkan pendidikan dan hiburan melalui program kampus mengajar. Jurnal SOLMA, 12(2), 442–458.

Suniati, N. M. S., Sadia, I. W., & Suhandana, G. A. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif terhadap penurunan miskonsepsi (studi kuasi eksperimen dalam pembelajaran cahaya dan alat optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Peningkatan Literasi Statistika Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Edukasi Interaktif di SDN 006 Kaliorang . (2025). ABDIKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, 3(2), 20-24. https://doi.org/10.32522/abdiku.v3i2.2928