Transformasi Digital UMKM melalui Edukasi Pemasaran: Studi Kasus di Desa Citra Manunggal Jaya Kabupaten Kutai Timur
DOI:
https://doi.org/10.32522/abdiku.v3i2.2853Keywords:
Pemasaran digital, UMKM, Panduan PraktisAbstract
Artikel ini mengkaji efektivitas penyuluhan strategi pemasaran digital pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) melalui studi kasus pada kelompok usaha "Abon" di Desa Citra Manunggal Jaya, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur. Fokus penelitian mencakup pemahaman awal dan tingkat keterampilan anggota kelompok usaha terhadap konsep pemasaran digital sebelum penyuluhan, implementasi strategi yang diajarkan, kendala yang dihadapi, serta rekomendasi untuk UMKM sejenis. Dengan metode pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam, penelitian ini mengevaluasi tingkat pemahaman dan keterampilan awal anggota kelompok usaha "Abon" tentang pemasaran digital sebelum penyuluhan. Analisis implementasi strategi pemasaran digital setelah penyuluhan melibatkan penggunaan media sosial dan konten pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman anggota kelompok usaha tentang pemasaran digital setelah penyuluhan. Implementasi strategi pemasaran digital memberikan dampak positif pada kelompok usaha "Abon," terutama dalam meningkatkan jangkauan pasar dan interaksi pelanggan melalui media sosial. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala seperti keterbatasan sumber daya dan teknologi. Berdasarkan temuan, artikel ini menyusun rekomendasi bagi UMKM sejenis dalam mengembangkan pemasaran digital, termasuk pemanfaatan media sosial dan konten. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya penyuluhan pemasaran digital bagi UMKM dan memberikan panduan praktis untuk mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengadopsi strategi pemasaran digital.
References
Asiati, A., Purwanto, D., & Suroso, A. (2019). Transformasi digital pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 13(2), 179–189.
Ardiansyah, W. M. (2023). Peran teknologi dalam transformasi ekonomi dan bisnis di era digital. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(1), 12–16.
Christina, I. D., Fenni, F., & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(10), 58–66.
Endrawati, T., Safarudin, M. S., Windreis, C., AR, M., Zahruddin, A., & Yusnanto, T. (2023). Pelatihan manajemen bisnis dan pemasaran online bagi UMKM di berbagai provinsi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4501–4512.
Helmi, S., Anggela, N., & Trisninawati, T. (2024). Penerapan pemasaran digital pada UMKM Kemplang di Desa Pemulihan Ulu. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 646–652.
Jatmiko, N. S. (2022). Strategi pemasaran ideal di era digital untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253.
Jatnika, M., Firdaus, F., & Permana, Y. (2024). Digital village program and rural empowerment: A case study in West Java, Indonesia. Asian Journal of Rural Studies, 8(1), 15–27.
Kusumawardani, A., Suyatno, M. I. Y., Mustahidda, R., & Etik, E. (2024). Revitalisasi UMKM desa berbasis digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(1), 36–43.
Sari, N., Syari, R. L., Pandi, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Ulum, D., Raya, K., & Digital, P. (2025). Strategi pemasaran yang efektif untuk umkm di era digital. 4(1). https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fathi Yakan Arroyd Hamade, Rizky Maulana, Sofi Nur Maulida, Viona Septhy Aulya, Nadiah, Dimas Daffa Erlangga, Joyce Stevani Pakiding

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.