Pengembangan Kompetensi Komunikasi Melalui Public Speaking di SMPN 002 Desa Bumi Sejahtera Kabupaten Kutai Timur
DOI:
https://doi.org/10.32522/abdiku.v3i2.2852Keywords:
Public speaking, Kepercayaan diri, Komunikasi efektif, Pelatihan, Pelajar SMPAbstract
Kemampuan public speaking merupakan salah satu keterampilan penting dalam pengembangan komunikasi efektif sejak usia dini. Namun, siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) umumnya masih memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dalam berbicara di depan umum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa SMPN 002 Desa Bumi Sejahtera, Kutai Timur melalui pelatihan yang terstruktur dan berkelanjutan. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pelatihan intensif selama dua bulan, serta evaluasi melalui wawancara dan umpan balik peserta. Pelatihan mencakup pengenalan dasar-dasar public speaking, teknik penyampaian pesan yang efektif, pembangunan konten, serta manajemen ketegangan saat tampil di depan audiens. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan keterampilan berbicara siswa. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan lingkungan yang kondusif, pelatihan public speaking mampu menjadi sarana strategis dalam membentuk pribadi siswa yang percaya diri dan komunikatif sejak dini.
References
Hayati, S., Marhayani, D. A., & Basith, A. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan public speaking pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 94 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 61–66.
Hidayat, A. N., & Lau, H. (2023). Peran pelatihan public speaking dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa di DJ Arie Public Speaking & Broadcasting School Bandung. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 11–21.
Manda, D., Rahman, A., Kasmita, M., Rukmana, N. S., & Darmayanti, D. P. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public speaking di SMPN 33 Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4610-4620.
Montero, R. L., & Alvarado, J. S. (2019). Improving English oral and public speaking skills in the classroom. Revista de Lenguas Modernas, (30), 1–15.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27778.
Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan public speaking dalam meningkatkan komunikasi sosial. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4759–4767.
Rousanfikr, S. A., & Teluma, A. R. L. (2024). Membangun citra positif dengan menumbuhkan budaya literasi di SMPN 5 Masbagik. Prosiding Semnaskom-Unram, 6(1), 42–54.
Tahir, M., Hidayat, A. F. S., Armella, R., Putri, A. A., Rahmah, A. K., Putri, E. W., ... & Helmi, M. (2024). Bunga rampai: Interaksi publik retorika modern (menumbuhkan kepercayaan diri). Bening Media Publishing.
Thomas, B., & Yuan, H. (2022). Public speaking aversion. Management Science, 69(5), 2746–2760.https://doi.org/10.1287/mnsc.2022.4500.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al Maida Nur, Muhammad Rizky Nur, Febrian Tri Wirayuda Siswanto, Meylinda Wamafma, Muhammad Ma'arif Noor Mujiburrahman, Rina Rahayu Ramli, Listiya Aulia Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.