Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji sebagai Cinderamata dari Bahan Resin di Kecamatan Samarinda Seberang

Authors

  • Erina Hertianti Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Risna Nona Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Nur Maulida Sari Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Wartomo Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • M. Fikri Hernandi Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Heriad Daud Salusu Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Joko Prayitno Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Andi Yusuf Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Suryadi Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Alfrida Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Nurhamidah Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Aulia Lutfi Balfasd Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Keywords:

Limbah serbuk gergaji, souvenir damar, non-kayu, hasil hutan

Abstract

Limbah serbuk gergaji merupakan salah satu limbah sisa produksi perkayuan yang berdampak negatif bagi lingkungan jika dibiarkan menumpuk terus-menerus dan berakhir dengan dibakar, yang pada akhirnya akan menyebabkan polusi udara. Salah satu aplikasi dalam pemanfaatan limbah serbuk gergaji adalah memanfaatkan limbah tersebut menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis tinggi. Program Studi Pengolahan Hasil Hutan, Jurusan Lingkungan dan Kehutanan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda sebagai lembaga pendidikan vokasi yang memiliki fungsi Tridharma perguruan tinggi, khususnya di bidang Teknologi Hasil Hutan, berusaha menjalankan peran akademisi sebagai pendamping dalam bidang pengabdian bagi Masyarakat ataupun kelompok Masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan  limbah  serbuk  gergaji  industri  perkayuan  menjadi  cinderamata dengan bahan resin dan menghasilkan barang dengan nilai ekonomis tinggi dan memperkenalkan  Politeknik  Pertanian  Negeri  Samarinda  khususnya  Program Studi Pengolahan Hasil Hutan tentang upaya pemanfaatan hasil hutan bukan kayu berupa limbah serbuk kayu akibat sisa industri perkayuan. Metode kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain: survei ke lapangan dan melakukaan koordinasi dengan pihak setempat, pelaksanaan kegiatan pelatihan dan praktek langsung pembuatan cinderamata dari bahan resin dan limbah serbuk gergaji, diskusi selama kegiatan berlangsung dan evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta untuk mengetahui dan menganalisis ketercapaian pelaksanaan kegiatan pengabdian. Hasil kegiatan ini adalah diperolehnya peningkatan dan pemahaman oleh kelompok masyarakat melalui pelatihan dan sosialisasi dalam pemanfaatan limbah serbuk gergaji menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi pada kelompok PKK Jalan Samratulangi Gang Gotong Royong RT.05 Kelurahan Gunung Panjang Kecamatan Samarinda Seberang.

References

Andriana, E., Yuliana, R., Ilmiah, W., Aulina, C., Noviyanti, T. E., & Ramadayanti, S. (2022). Pemberdayaan Ekowisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 52–60.

Asmi, D., Kiswandono, A. A., & Yulianti, Y. (2019). Pelatihan Pembuatan Cinderamata Gantungan Kunci Menggunakan Material Resin Bagi Para Ibu Rumah Tangga Di Desa Wisata Braja Harjosari Lampung Timur. Sakai Sambayan-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 43–46.

Evalina, N., Abduh, R., & A, A. (2019). Pembuatan Gantungan Kunci Dari Bahan Resin Di Desa Jaharun A. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 251–256. Retrieved from https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3617

Sari, R. J., Mansyur, S., Malik, M., & Sukandaru, F. B. (2022). Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dusun Wonosari Desa Sambireme Kecamatan Kalijambe. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Wahyuningsih, E., Sulistiyawati, I., & Rahayu, L. (2022). Pemanfaatan Serbuk Gergaji Kayu Untuk Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Di Kelompok Masyarakat Desa Pasir Kidul. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 148–155.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Hertianti, E., Nona, R., Nur Maulida Sari, Wartomo, Hernandi, M. F., Salusu, H. D., … Balfasd, A. L. (2024). Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji sebagai Cinderamata dari Bahan Resin di Kecamatan Samarinda Seberang . ABDIKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Mulawarman, 2(2). Retrieved from https://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/abdiku/article/view/1045