Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen

Authors

  • Ria Setyawati Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.2457

Keywords:

Kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepuasan konsumen pada kafe Just 4 Fun Balikpapan. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), dan kepuasan konsumen (X2).  Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan media kuesioner dengan metode linkert. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dari kafe Just 4 Fun Balikpapan. Teknik pengembilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 88 konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis analisis regresi linear sederhana menggunakan SPSS untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, nilai signifikansi pada variabel kualitas pelayanan diperoleh sebesar 0,00 menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai arah regresi koefisien positif dengan kepuasan konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

References

Abdurahman et al. (2011). Metode Statistika. Cetakan Kesatu. Bandung: CV Pustaka Setia.

Consuegra. D Molina. 2007. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand Management.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Herlyana, E. (2014). Fenomena coffee shop sebagai gejala gaya hidup baru kaum muda. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13(1), 187-204..)

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prehallindo

Lovelock, C., & Wright. L. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks.

Nurdin, N., Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Sample Random Sampling Berbasis Android. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 141-156.

Purnama, Nursya’bani. (2006). Manajemen Kualitas. Edisi Pertama. Yogyakarta: EKONISIA

Tjiptono, Fandy. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. (2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Tucker, Catherine M. (2011). Coffee Culture: Local Experiences, Global Connections. New York: Routledge

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles