Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada UMKM Kota Tarakan

Main Article Content

Ahmatang
Suryaningsih
Muhadir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial dalam pemasaran dengan menggunakan model TAM pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang dibina oleh Rumah Kreatif BUMN kota Tarakan yang telah menggunakan media sosial sebagai alat dalam pemasarannya, dengan jumlah sampel 257 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan dan variabel persepsi manfaat penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan media sosial, sedangkan variabel sikap penggunaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan media sosial

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, W. dan J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (1st ed.). ANDI.

Arif Rifan Hidayat1, E. J. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya. 4(2), 163–173.

Armstrong, Gary & amp; Philip, K. (2013). Dasar-Dasar Pemasaran (1st ed.). Chaffey, D. (2011). E-commerce & E-business Management (5th ed.). Prentice Hall.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Fiyah, N., Mayangky, N. A., Hadianti, S., & Riana, D. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 59–68. https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.10507

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Dengan Program IBM SPSS 23. universitas diponegoro.

Lasmadiarta, M. (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profit. Elex Media Komputindo.

Lisawati, P. (2016). Efektivitas Iklan Pada Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dengan Menggunakan Metode. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(3), 96554.

Nuri Apriyani, S. (2016). Nuri Apriani & Suharti / Jurnal Manajemen Dewantara 1 (1): 21 - 34. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(1).

O’Reilly. (2005). What is Web 2.0 Design patterns and Business Model for the Next Generation of Software. https://www.oreilly.com/ (2 of%0A20)

Rigopoulos, George. and Dimitrios Askounis. 2007. A TAM) UDPHZRUN WR (YDOXDWH8VHU·V Perception Toward Online Electronic Payments. Journal of Internet Banking and Commerce, Vol. 12, No. 3, pp. 1-5.

Sari, S., Tjini, A., Kepercayaan, A. P., Kegunaan, P., & Terhadap, K. (2011). Kemudahan , dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Create PDF with GO2PDF for free , if you wish to remove this line , click here to buy Virtual PDF Printer Create PDF with GO2PDF for free , if you wish to remove this li. 1–21.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Afabeta Cv. Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : isu-isu penting. LP3ES.

Tandjung, J. W. (2011). 18 Jurus Ampuh Menyiasati Persaingan Bisnis. Andi Publisher.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Wibowo. (2014). Perilaku Dalam Organisasi (1st–2nd ed.). Rajawali Pers. wikipedia. (2019a). Facebook. https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook wikipedia. (2019b). website. https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web Wismiarsi, T. (2008). Hambatan Ekspor UKM Indonesia. Kompas.

Zarrella, D. (2010). The social media marketing book. Oreilly media