Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Kecintaan Merek dan Kepercayaan Merek
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v20i2.1788Keywords:
Citra Merek, Kecintaan Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Citra Merek, Kecintaan Merek dan Kepercayaan atau ketiganya saling berpengaruh terhadap Loyalitas Merek pada Pengguna Produk Smartphone iPhone di kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk smartphone iPhone yang berada di kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Analisis dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0.9.9. Penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Merek; Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kecintaan Merek; pengaruh Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Merek; pengaruh Kecintaan Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek; pengaruh Kepercayaan Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek.
References
Aaker, D. A., & Biel, A. L. (2013). Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Albert, N., & Merunka, D. (2013). The role of brand love in consumer-brand relationships. Journal of Consumer Marketing, 30(3), 258–266. https://doi.org/10.1108/07363761311328928
Andjarwati, A. L., & Chusniartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 189-202. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6736
Ang, C. E., & Keni. (2021). Prediksi Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, III(1), 42–51.
Bambang, Lubis, A. rahman, & Darsono, N. (2017). Pengaruh Brand image, brand personality, brand experience Terhadap Brand Love Dampaknya pada Brand Loyalty Gayo Aceh Coffee PT Oro Kopi Gaya Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan, 8(3), 158–184.
Bozbay, Z., & Baslar, E.K. (2020). Impact of brand trust on brand loyalty: mediating role of brand affect. Journal of Academic Reseacrh in Economics. 12(2), 247-259.
Carroll, B.A. and Ahuvia, A.C. (2006) Some Antecedents and Outcomes of Brand Love. Marketing Letters, 17, 79-89. http://dx.doi.org/10.1007/s11002-006-4219-2
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). "The Chain of Effects From Brand Trust and Brand Affects to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty", Journal of Marketing Vol.65, p.81-93.
Durukan, N. Ç. Ç.-T. (2020). Intermediary Role of Brand Trust in the Relationship between Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Turkish Studies-Economics,Finance,Politics, Volume 15(Volume 15 Issue 1), 127–143. https://doi.org/10.29228/turkishstudies.40285
Fitriani, A. & Achmad, G. N. (2021). The effect of brand identification and brand image on brand love and brand loyalty on iphone smartphone product users in samarinda. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research – IJEBAR, 5(2), 420-432.
Ganesh, J., Arnold, M.J. and Reynolds, K.E. (2000). “Understanding the customer base of serviceproviders: an examination of the differences between switchers and stayers” Journal of Marketing vol 64 pp 65- 87
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program smart PLS 3.0 (2nd ed.). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
Hair Jr., J.F., et al. (2014) Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research. European Business Review, 26, 106-121.https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Hokky, L. A., & Innocentius Bernarto. (2021). The Role of Brand Trust and Brand Image on Brand Loyalty on Apple Iphone Smartphone Users in DKI Jakarta. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 474–482.
Khuong, M. N., & Tran, N. T. H. (2018). The Impacts of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention — An Empirical Study of Phuc Long’s Packaged Tea Products. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(1), 8–13.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Lumba, M. G. (2019). Peran Brand Love Terhadap Brand Loyalty Dan Willingness To Pay Premium Price Pada Pembeli Iphone Di Surabaya. Agora, 7(1), 287271.
Mabkhot, H. A., Hasnizam, & Salleh, S. M. (2017). The Influence Of Brand Image And Brand Personality On Brand Loyalty, Mediating By Brand Trust: An Empirical Study. Jurnal Pengurusan, 50(18), 71–82. https://doi.org/doi.org/10.17576/pengurusan-2017-50-07
Madeline, S., & O. Sihombing, S. (2019). the Impacts of Brand Experiences on Brand Love, Brand Trust, and Brand Loyalty: an Empirical Study. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 91–107.
Phenina, Y. D., Mangantar, M., & Saerang, R. T. (2022). Pengaruh Prestise Merek Dan Kredibilitas Merek Terhadap Niat Beli Pada Apple Iphone Oleh Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, 10(1), 1227–1235.
Rodrigues, P., Ferreira, P., & Rodrigues, Pedro. (2016). Brand experience leads to brand love – parfois case. Retrieved From File: https://www.researchgate.net/publication/300107619
Taşkın, C., Emel, G. G., Karadamar, A. A., & Memis, N. (2016). Exploring the relationships among the antecesnts of brand loyalty: A research on an apparel brand. International Conference on Education, Social Sciences and Humanities 23-25 May 2016, 366-376
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, edisi 1, Yogyakarta: Penerbit Andi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Musharofah, Dwi Martiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.