Pengaruh Implementasi Pengungkapan Emisi Karbon dan Inovasi Hijau terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Lingkungan sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v20i2.1783Keywords:
Pengungkapan Emisi Karbon, Inovasi Hijau, Nilai Perusahaan, Kinerja LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan emisi karbon dan inovasi hijau terhadap nilai perusahaan serta pengaruh kinerja lingkungan dalam memoderasi hubungan antara pengungkapan emisi karbon dan inovasi hijau terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2018-2022. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sejumlah 19 perusahaan sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu data skunder serta metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan teknik Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengungkapan emisi karbon dan inovasi hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan variabel kinerja lingkungan tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel pengungkapan emisi karbon dan inovasi hijau terhadap nilai perusahaan, justru memperlemah hubungan antar kedua variabel.
References
Agustia, D., Sawarjuwono, T., & Dianawati, W. (2019). International Journal of Energy Economics and Policy The Mediating Effect of Environmental Management Accounting on Green Innovation-Firm Value Relationship. International Journal of Energy Economics and Policy |, 9(2), 299–306. http:www.econjournals.comDOI:https://doi.org/10.32479/ijeep.7438
Anggraeni, D. Y. (2015). Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca, Kinerja Lingkungan dan Nilai Perusahaan. 12(2), 188–209.
BMKG. (2022). Perubahan Iklim. https://www.bmkg.go.id/iklim/?p=tren-suhu
Dereli, D. D. (2015). Innovation Management in Global Competition and Competitive Advantage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1365–1370. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.323
Dewi, R., & Rahmianingsih, A. (2020). Meningkatkan Nilai Perusahaan Melalui Green Innovation Dan Eco-Effisiensi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(2), 225–243. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i2.2241
Gabrielle, G., & Toly, A. A. (2019). The Effect Of Greenhouse Gas Emissions Disclosure And Environmental Performance On Firm Value: Indonesia Evidence. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 106–119.he Effect Of Greenhouse Gas Emissions Disclosure An. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(1), 106–119. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/43940
Hernita, T. (2019). Tiwi Herninta : “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur ...” 326. Manajemen Bisnis, 22(3), 325–336.
Humaira, A. (2021). Peran Indonesia dalam Perdagangan Emisi Karbon (Carbon Trading) dilihat dari Perspektif Hukum Internasional. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31863
Jannah, R., & Muid, D. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Carbon Emission Disclosure Pada Perusahaan Di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1000–1010. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/6164
Kelvin, C., Pasoloran, O., & Randa, F. (2019). Mekanisme Pengungkapan Emisi Karbon Dan Reaksi Investor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(2), 155. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i02.p02
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2019). Proper - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. https://proper.menlhk.go.id/proper/sejarah
Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. (2017). Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, Dan Perusahaan Publik. 1–15.
Putri Fabiola, V., & Khusnah, H. (2022). Pengaruh Green Innovation Dan Kinerja Keuangan Pada Competitive Advantage Dan Nilai Perusahaan Tahun 2015-2020. Media Mahardhika, 20(2), 295–303. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i2.346
Rahmanita, S. A. (2019). Accounting Carbon : Pengaruh Carbon Emission Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan.
Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Terhadap Nilai Perusahaan dengan variabel kontrol. Nominal, I, 84–103.
Rokhlinasari, S. (2016). Teori –Teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan. 4(1), 88–100.
Sugiono, A., & Untung, E. (2016). Analisa Laporan Keuangan PT Grasindo.
Tonay, C., & Murwaningsari, E. (2022). Pengaruh Green Innovation dan Green Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Moderasi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 24(2), 283–294. https://doi.org/10.34208/jba.v4i2.1484
Ulum, I. (2017). Intellectual Capital (Model Pengukuran, Framework Pengungkapan, dan Kinerja Organisasi). https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/c?code=Oe9JfT4lHk%2BFaJFQhcwA1S2TezPvSVpFDc7Fm9HRHMI%3D
Zuhrufiyah, D., & Anggraeni, D. Y. (2019). Pengungkapan Emisi Karbon dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan di Kawasan Asia Tenggara). Jurnal Manajemen Teknologi, 18(2), 80–106. https://doi.org/10.12695/jmt.2019.18.2.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juliana Rahmasari, Irwansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.